nusabali

BPR Bali Minta Subsidi Bunga KUR

  • www.nusabali.com-bpr-bali-minta-subsidi-bunga-kur

Bunga lebih tinggi dari bank umum, BPR terancam kehilangan nasabah.

DENPASAR, NusaBali
Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Provinsi Bali mengharapkan adanya penurunan bunga untuk kredit usaha rakyat oleh BPR seperti yang saat ini dijalankan bank umum sebesar sembilan persen.

"Kalau pemerintah memberikan subsidi ke BPR, kami akan menjalankan juga," kata Ketua Perbarindo Bali, I Ketut Wiratjana saat menghadiri pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan 2016 di Denpasar, Kamis (18/2).

Menurut dia, saat ini tengah dalam pembahasan bersama pemerintah terkait pemberian subsidi kepada BPR sehingga pihaknya juga bisa memberikan besaran bunga KUR sebesar sembilan persen. Dia menambahkan bahwa sudah ada sinyal dari pemerintah namun masih belum menyepakati besaran subsidi dan angka bunga KUR.
 
"Sudah ada sinyal tapi belum ketemu angka untuk jalankan KUR itu. Kami masih berjuang juga," imbuhnya.
 
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri meminta bank umum penyalur kredit usaha rakyat dan bank perkreditan rakyat berkolaborasi dalam menyalurkan kredit usaha mikro dan kecil itu untuk menghindari adanya peralihan nasabah BPR di Bali.

"Kami harapkan kerja sama bank penyalur KUR dengan BPR," kata Kepala OJK Regional VIII Bali-Nusa Tenggara, Zulmi, usai membuka pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan 2016 di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, hal tersebut guna menjawab keluhan yang diutarakan BPR mengingat bunga yang dikenakan untuk KUR dari bank umum sebesar sembilan persen. Sementara itu BPR belum ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan KUR dengan bunga sembilan persen.

OJK sendiri akan memanggil bank penyalur KUR untuk mengkoordinasikan terkait penyaluran kredit usaha rakyat itu bersama dengan BPR. "Agar penyaluran KUR jangan sampai mengambil nasabah BPR," imbuhnya seperti dilansir antara.

Zulmi memahami bahwa keluhan tersebut tidak hanya terjadi di Bali melainkan BPR di seluruh Indonesia karena bunga yang diterapkan oleh BPR lebih tinggi, mengingat bank penyalur KUR mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Wiratjana mengakui bahwa ada peralihan nasabah BPR ke bank umum penyalur KUR.
Dia mengungkapkan bahkan perharinya 20 nasabah beralih ke bank umum dengan nilai miliaran rupiah.
 
Selama ini, lanjut dia, besaran bunga KUR BPR di Bali mencapai 15 hingga 18 persen. Dengan besaran bunga KUR yang lebih tinggi dibandingkan bank umum, Wiratjana menyatakan bahwa hal tersebut memang berdampak terhadap BPR.  7

Komentar