nusabali

143 Siswa SMP Se Karangasem Adu Nyali

  • www.nusabali.com-143-siswa-smp-se-karangasem-adu-nyali

Selain seleksi tingkat provinsi, OSN ini juga untuk mengevaluasi peta kualitas pendidikan di Karangasem selama setahun terakhir.

Bersaing Lolos ke OSN Provinsi, Hanya Dipilih 9 Siswa


AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 143 siswa tingkat SMP se Karangasem memperebutkan tiket ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) Provinsi Bali di tiga mata pelajaran, yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk lolos ke provinsi, mereka harus terlebih dahulu bersaing dalam OSN Tingkat Kabupaten Karangasem. Mereka yang diikutkan adalah siswa kelas VII dan kelas VIII.

OSN Tingkat Kabupaten Karangasem dibuka Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya di SMPN 2 Amlapura, Sabtu (24/3). OSN itu sekaligus menyeleksi di tiga mata pelajaran, nantinya tiap mata pelajaran meloloskan tiga pemenang. Sehingga yang mewakili Karangasem di OSN Tingkat Provinsi Bali pada 21 April mendatang sebanyak 9 siswa.

Awalnya diagendakan OSN tingkat Karangasem diikuti 162 siswa, tiap mata pelajaran mengundang 54 siswa, berasal dari 54 SMP Negeri/Swasta dan SMP Satu Atap. Ternyata, banyak sekolah yang tidak menyertakan siswanya di OSN tersebut. Sehingga yang masuk daftar untuk mata pelajaran IPA mulanya 49 siswa, absen satu siswa, sedangkan mata pelajaran Matematika diikuti 48 siswa dan IPS menghadirkan 47 siswa.

Maka yang ambil bagian di OSN Tingkat kabupaten sebanyak 143 siswa.

"OSN ini juga untuk mengevaluasi peta kualitas pendidikan di Karangasem selama setahun terakhir, selain untuk merekrut wakil OSN ke provinsi," kata Sarya. Sedangkan Wakasek Kurikulum SMPN 1 Manggis, I Ketut Suarjana mengatakan, dari tiga mata pelajaran pihaknya pasang target memenangkan di mata pelajaran IPS.

"Kami jagokan siswa I Nyoman Bayu Krisna Putra menang di OSN mata pelajaran IPS, bukan saja lolos ke provinsi bahkan ke nasional," jelas Suarjana. Sementara Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana pasang target menang di dua nomor OSN, yakni IPA dan Matematika. "Ya, sejak awal kami optimis menang di dua nomor itu," tegas Suparjana.

Kedua siswa yang dibebani menang masing-masing Ni Komang Trisa Nanndra Swari kelas VII/C di mata pelajaran IPA, dan I Komang Arimantara kelas VII/H di mata pelajaran Matematika. "Tahun lalu semasih SD, saya juara II OSN IPA Tingkat Kabupaten, kali ini target juara," ujar Komang Trisa alumnus SDN 1 Menanga, dari Banjar Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang ini.

I Komang Arimantara mengatakan, materi OSN mata pelajaran Matematika cukup berat. "Lebih banyak susahnya materi soal itu, saya tetap berusaha, mudah-mudahan hasilnya optimal," jelas Arimantara. Lembar jawaban OSN Tingkat Kabupaten Karangasem akan diperiksa, Senin (26/3) di Kantor Disdikpora Karangasem, Jalan Veteran Amlapura. pengumumannya menunggu rapat dewan juri. *k16

Komentar