nusabali

Kepala BNN Kunjungi RSJ dan LP Narkotika Bangli

  • www.nusabali.com-kepala-bnn-kunjungi-rsj-dan-lp-narkotika-bangli

Di Jembrana, Canangkan Desa Bersih Narkoba

BANGLI, NusaBali

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Irjen Heru Winarko mengunjungi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Bangli, Sabtu (24/3). Irjen Winarko meninjau kondisi ruang layanan bagi pasien rehabilitasi narkoba di RSJ Bali. Tak hanya ke Bangli, kemarin Irjen Winarko juga berkunjung ke Kabupaten Jembrana menghadiri peresmian Desa Budeng, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, yang dicanangkan sebagai Desa Bersih Narkoba.

Di RSJ Bangli, Irjen Winarko berharap RSJP Bali di Bangli bisa menjadi pusat rujukan rehabilitasi narkoba. "Di Bangli sangat dimungkinkan untuk bisa dijadikan pusat rehabilitasi, mengingat disini terdapat rumah sakit yang memberikan layanan rehabilitasi narkoba dan Lembaga Pemasyarakatan (LP khusus narkotika)," ungkapnya.

Disampaikan pula, RSJ kedepan agar bisa dijadikan tempat atau pusat pelatihan untuk assessment. Tentu untuk menjadi sebuah pusat pelatihan atau pun rehabilitasi di Bali, RSJ lebih dulu dipersiapkan fasilitas yang standar serta adanya peningkatan SDM.

Tak hanya ke RSJ, Irjen Winarko didampingi Kepala BNNP Bali Brigjen Pol I Putu Gede Suastawa juga mengunjungi LP Khusus Narkotika Bangli, yang berlokasi di Banjar Buungan, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli. Kehadiran Irjen Winarko disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Maryoto Sumadi serta Kepala LP Narkotika Bangli Arif Rahman.

Sementara itu, Direktur RSJP Bali, dr Gede Bagus Dharmayasa didampingi Wadir Pelayanan RSJ Bali Dewa Gde Basudewa, mengungkapkan saat ini di RSJP Bali khusus untuk layanan rehabilitasi dipusatkan di ruang Dharmawangsa. Di sana tersedia 26 tempat tidur.

Sementara di Jembrana, Irjen Heru menghadiri peresmian Desa Budeng, Kecamatan/Kabupaten Jembrana yang dicanangkan sebagai Desa Bersih Narkoba, Jumat sore. Irjen Winarko mengatakan Pencanangan Desa Bersih Narkoba itu juga sejalan dengan programnya, yaitu menangkal peredaran narkoba di pedesaan.

“Desa Budeng akan menjadi pilot project Desa Bersih Narkoba dan harapannya semua desa yang ada di Kabupaten Jembrana juga bersih dari narkoba,” harapnya. Hadir dalam pencanangan Desa Bersih Narkoba ini, Bupati Jembrana I Putu Artha.

Di Jembrana, Irjen Winarko juga melantik sebanyak 571 Relawan Anti Narkoba di Wantilan Pura Jagatnata Jembeana. Pelantikan relawan yang terdiri dari berbabagi unsur, seperti Pecalang, Sekaa Truna Truni (STT), Karang Taruna dan tokoh masyarakat yang juga didominasi kalangan generasi muda itu ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Kepala BNN.

Ketua Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Jembrana yang juga Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan juga hadir dalam acara ini. *e, ode

Komentar