nusabali

Spanyol Didominasi Madrid

  • www.nusabali.com-spanyol-didominasi-madrid

Tim nasional Spanyol saat ini banyak dihuni pemain Real Madrid, setelah dulu didominasi Barcelona.

DUESSELDORF, NusaBali

Spanyol menjalani dua laga uji coba, melawan Jerman di Esprit Arena, Sabtu (24/3) dinihari WITA dan Argentina di Wanda Metropolitano, Rabu (28/3) dinihari WITA.Untuk menjalani laga-laga tersebut, pelatih Julen Lopetegui memanggil 24 pemain. Dari seluruh pemain itu, Madrid mendominasi skuat Spanyol dengan menyumbang enam pemain.

Adalah Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Sergio Ramos, Isco, Marco Asensio, dan Lucas Vazquez, yang berada dalam tim. Kehadiran mereka sekaligus meruntuhkan dominas Barca di skuat Spanyol.

Cuma ada tiga pemain Barca yang dipanggil Lopetegui. Mereka adalah Jordi Alba, Gerard Pique, dan Andres Iniesta. Padahal, sejak Spanyol memenangi Piala Dunia 2010, Barca jadi pemasok pemain terbanyak untuk Negeri Matador.

Perubahan ini disambut baik oleh Kroos, gelandang timnas Jerman yang membela Madrid. Dia menilai keputusan untuk menggunakan banyak pemain Los Blancos adalah hal yang tepat.

"Jika Anda melihat beberapa tahun terakhir yang kami lalui di Real Madrid, jelas bahwa kami tidak akan memainkan pemain yang buruk. Saya pikir sudah tepat ada tulang punggung Real Madrid di tim," kata Kroos, dikutip Marca.Saat Spanyol tampil di final Piala Dunia 2010, Vicente del Bosque, pelatih Spanyol ketika itu, memainkan tujuh pemain Barca di starting line-upmelawan Belanda. Mereka adalah Pique, Carles Puyol, Iniesta, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, David Villa, dan Pedro.

Begitupun saat Del Bosque mengantarkan Spanyol mempertahankan gelar Piala Eropa 2012. Dia mambawa tujuh pemain Barca dan lima di antaranya menjadi starter di laga final melawan Italia.Sementara Sergio Ramos akan menjalani laga ke-150 bersama tim nasional Spanyol. Dia berambisi memecahkan rekor penampilan terbanyak milik Iker Casillas.

Casillas saat ini tercatat sebagai pemegang caps terbanyak di timnas Spanyol dengan 167 penampilan. Catatan itu tidak akan bertambah mengingat sang kiper tak lagi di panggil ke timnas setelah terakhir main melawan Italia di 16 besar Piala Eropa 2016.Ramos pemain yang paling mendekati caps Casillas, dengan laga ke-150. Mengingat usianya yang masih 31 tahun, Ramos masih punya peluang untuk melampaui catatan Casillas. *

Komentar