nusabali

Desa Adat Kutuh Kembangkan ‘Wisata Pendidikan’

  • www.nusabali.com-desa-adat-kutuh-kembangkan-wisata-pendidikan

Desa Adat/Pakraman Kutuh, Desa Ungasan, Kuta Selatan Badung, memang kondang dengan objek wisata alamnya.

DENPASAR, NusaBali
Yang sudah terkenal, tentu saja Pandai Pandawa, Kawasan Wisata Gunung Payung Park Cultural dan lainnya. Namun Desa Adat Kutuh juga mengembangkan, ‘Wisata Pendidikan’.Segmennya, mereka, baik siswa, mahasiswa, masyarakat umum, yang perlu studi tentang aspek-aspek tentang Bali. Mulai dari hukum adat, upacara, termasuk pengelolaan wisata. “Belajar sambil berwisata,” ujar Bendesa Pakraman Kutuh I Made Wena,  Kamis (22/3).

Menurut Wena, peminat ‘wisata pendidikan’ cukup banyak. “Ada saja, seperti rombongan mahasiswa,” ungkap Wena. Untuk itu, pihak Desa Adat Kutuh mempersiapkan tenaga-tenaga pengajar, semacam dosen, untuk memberi kuliah lapangan. “Tak hanya melihat keindahan alam dan menikmati objek lainnya,namun mereka (wisman) dapat pengetahuan,” kata Wena, yang juga seorang dosen ini.

Menurut Wena, wisata pendidikan merupakan salah satu sisi dari kepariwisataan Desa Adat Kutuh. Dikatakan wisata pendidikan merupakan inovasi yang sudah dikembangkan sejak 1 setahun lalu. Kutuh memang merupakan salah satu kawasan wisata yang ramai pengunjung. Pada saat tertentu, seperti tahun baru, jumlah pengunjung ke Kutuh,khususnya ke Pantai Pandawa, sampai belasan ribu orang. Sedangkan tiap hari rata-rata 4.000 pengunjung. *k17

Komentar