nusabali

400 UMKM Binaan BUMN Unjuk Gigi

  • www.nusabali.com-400-umkm-binaan-bumn-unjuk-gigi

Sebanyak 400 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan sejumlah BUMN hadir memamerkan produk asli Indonesia dalam Telkom Craft Indonesia 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan.

JAKARTA, NusaBali
"Tahun ini 400 UKM, di mana 200 di antaranya adalah binaan Telkom, 50 binaan BUMN lain dan sisanya binaan komunitas. Semuanya untuk mempopulerkan produk Rumah Kreatif BUMN," kata Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Alex J Sinaga dalam pembukaan Telkom Craft Indonesia 2018 di Jakarta, Kamis (22/3).

Alex menjelaskan kegiatan pameran yang digelar untuk kedua kalinya sejak 2017 itu merupakan acara penjualan offline karena UMKM binaan BUMN sudah masuk dalam marketplace Blanja.com.

Ada lebih dari 3.000 jenis produk lokal kreasi UMKM yang dihadirkan dalam kegiatan yang berlangsung 22-25 Maret 2018 itu. Ribuan produk lokal itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belanja dari 25 ribu pengunjung yang diproyeksikan hadir dalam pameran itu. "Kami akan suguhkan produk-produk dari UKM fesyen, 'craft' (kerajinan tangan) dan kuliner," tutur Alex.

Ia menjelaskan Rumah Kreatif BUMN yang tersebar di kabupaten/kota seluruh Indonesia memiliki tugas utama untuk membina UKM agar bisa majub dan berkembang.

"Tujuannya adalah agar UKM bisa 'go modern, go online, go digital dan go global'. Acara ini kemudian akan membuat masyarakat tahu bahwa produk asli Indonesia juga bisa dicari secara daring (online)," ujarnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan pameran Menteri BUMN Rini Soemarno, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Abdul Kadir Damanik, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid serta Komisaris Utama Telkom Hendri Saparini.*ant

Komentar