nusabali

KK Miskin Terima 85,6 Ton Rastra

  • www.nusabali.com-kk-miskin-terima-856-ton-rastra

85,6 ton beras sejahtera (Rastra) siap disalurkan untuk masyarakat Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemerintah akan menyalurkan beras ini kepada 8.560 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau keluarga miskin pada empat kecamatan di Klungkung. Kepala Dinas Sosial Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana menyampaikan,  tahun 2018 ini, rastra beralih menjadi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra). Setiap KPM akan menerima 10 kilogram (kg), tanpa biaya tebus alias gratis. Beras berkualitas medium. “Berbeda dengan tahun sebelumnya, setiap KPM menerima jatah rastra 15 kg dengan biaya tebus Rp 1.600/kg,” ujar Anom Adnyana ditemui usai peluncuran rastra di depan Kantor Bupati Klungkung, Kamis (22/3).

Kata dia, program Bansos Rastra ini dipadukan dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Di Klungkung, Daftar Penerima Manfaat (DPM) program Bansos Rastra berdasarkan data dari Kementerian Sosial RI, 8.560 KPM. Terdiri dari di Kecamatan Klungkung 1.583 KPM, Dawan 1.112 KPM, Banjarangkan 1.273 KPM, dan Nusa Penida 4.592 KPM. “Ke depan para penerima bantuan ini akan dibuatkan kartu sebagai identitas penerima bansos rastra,” sebutnya.

Kepala Bidang Pengadaan dan Operasional Pelayanan Publik Perum Bulog Divisi Regional Bali I Made Agustama mengungkapkan, jatah Rastra Kabupaten Klungkung tahun 2018 mencapai 85.600 kg atau 85,6 ton setiap alokasi per bulan. Pendistribusiannya melalui Surat Perintah Penyaluran (SPP) dari Kementerian Sosial yang diteruskan ke Perum Bulog Wilayah Bali untuk disalurkan.

Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Setda Kabupaten Klungkung, Ni Wayan Ringin menyampaikan, penyaluran Bansos Rastra ini merupakan program yang sangat membantu kesejahteraan masyarakat, dalam rangka pemenuhan sebagian kebutuhan pangan keluarga yang tergolong ekonomi rendah/miskin. “Semoga penyaluran bansos rastra ini mampu terlaksana secara maksimal, sesuai tujuan yang diharapkan,” harapnya. *wan

Komentar