nusabali

Koster akan Kembangkan Padi Unggul Berteknologi Nuklir

  • www.nusabali.com-koster-akan-kembangkan-padi-unggul-berteknologi-nuklir

Calon Gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster berencana akan mengembangkan bibit padi unggul yang menggunakan teknologi nuklir sebagai upaya untuk merealisasikan program ketahanan pangan Provinsi Bali yang digarap mulai dari sektor hulu hingga hilir.

NEGARA, NusaBali
Hal itu disampaikan Koster saat mesimakrama dengan warga Desa Pakraman Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Kamis (22/3).

Dalam simakrama ini juga dihadiri Ketua Tim Pemenangan Koster-Ace Jembrana Made Kembang Hartawan, kader senior PDIP Jembrana Putu Artha, para anggota Fraksi DPRD Jembrana serta penglingsir Puri Beraban I Gusti Agung Bagus Suryadharna dan I Gusti Ketut Suryawantara juga tokoh masyarakat setempat.

Sebelum menghadiri simakrama terlebih dahulu Koster menyepatkan diri menengok lahan uji coba bibit padi Sibeno di lahan seluas 1 hektare di lahan pertanian Subak Basah Sangkaragung yang dikembangkan melalui teknologi nuklir oleh ahli nuklir Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan), Prof Dr Ir Yohanes.

Didampingi pemilik lahan yang juga Kelian Subak Basah Sanggaragung Nyoman Merta, Koster mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba di dua kabupaten yakni Jembrana dan Buleleng dengan masing-masing lahan seluas 3 hektarE tiap kabupaten. "Prof Yohanes itu adalah teman kuliah saya di ITB, tapi beliau mengambil jurusan teknologi nuklir. Namun beliau juga mengembangkan tanaman bibit padi unggul serta holtikultura dengan teknologi nuklir," tuturnya.

Cagub yang berpasangan  dengan Tjok Oka Arta Ardana Sukawati  (Cok Ace) ini mengatakan uji coba yang dia lakukan dalam rangka merealisasikan program ketahan pangan dengan konsep dari hulu ke hilir. "Dari sektor hulu, yakni pembibitan akan disiapkan bibit unggul, tapi perlu diuji coba secara ilmiah dulu. Kalau di sektor tengah akan digalakan lagi program pendampingan oleh tenaga penyuluhan pertanian. Sedangkan di sektor hilir akan disiapkan pasarnya agar produk pertanian petani laku terjual dengan harga layak," jelasnya.

Saat mesimakrama dengan warga Desa Adat Sangkarangung, sejumlah tokoh masyarakat setempat serta subak se-Kabupaten Jembrana mendeklarasikan diri mendukung, memenangkan dan memilih Koster-Ace yang dikomandani Made Oka yang juga Ketua Badan Rembug Subak (BRS) Kabupaten Jembrana. "Kami mendukung Koster-Ace, karena Pak Koster ketika menjadi DPR sudah banyak membantu petani di sini lewat bantuan traktor, alat tanam, alat panen, pembenahan saluran irigasi dan bangunan wantilan. Semoga setelah terpilih akan lebih banyak lagi membantu petani di Jembrana," kata Made Oka. *

loading...

Komentar