nusabali

Tahap I, Pemkab Siapkan Rp 8,4 Miliar

  • www.nusabali.com-tahap-i-pemkab-siapkan-rp-84-miliar

Penataan Pantai Jerman di Kecamatan Kuta masuk proyek tender di LPSE Kabupaten Badung.

Penataan Pantai Jerman, Kecamatan Kuta  


MANGUPURA, NusaBali
Pemkab Badung berencana melakukan penataan Pantai Jerman di Kecamatan Kuta, tahun ini. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Kuta ini bakal disulap menjadi taman publik yang representatif. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung selaku leading sector telah memasang tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Tender dibuka 19 Maret 2018 dan berakhir pada 28 Maret 2018 mendatang.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba, berdasarkan detail engineering design (DED) yang disusun, penataan Pantai Jerman akan fokus pada penyediaan ruang terbuka hijau, sehingga pengunjung pantai bisa betah berlama-lama serta bisa lebih santai “Termasuk nanti ada taman bermain untuk anak-anak,” katanya, Kamis (22/3).

Surya Suamba menambahkan, penataan bakal dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah masuk tender di LPSE. Untuk penataan tahap pertama, pemerintah menyiapkan anggaran senilai Rp 8,4 miliar. Anggaran berasal dari APBD induk 2018.

Disinggung mengenai program penataan tahap dua, pejabat asal Tabanan itu mengaku disusulkan pada tahun anggaran berikutnya atau pada tahun 2019. “Kebutuhannya itu Rp 15 miliar berdasarkan DED. Tetapi tahap pertama ini baru Rp 8,4 miliar. Nanti kekurangannya akan dipasang lagi pada APBD induk tahun 2019,” jelasnya.Hingga Kamis kemarin sudah ada 35 rekanan yang menyatakan berminat terhadap proyek ini.

Pantai Jerman adalah pantai yang berpasir putih. Pantai Jerman karakteristiknya tak jauh berbeda dengan kondisi Pantai Kelan, sama-sama berpasir putih kecoklatan. Sebab kedua pantai ini berada dalam satu garis pantai, hanya dipisahkan oleh landasan Bandara Ngurah Rai. Dulunya Pantai Jerman merupakan pelabuhan Kuta. Di pelabuhan ini para pedagang dari luar Bali berlabuh dengan membawa barang-barang dagangan untuk diperjualbelikan. Kini agar pantai yang terletak di Jalan Wana Segara semakin tertata, dilakukanlah penataan oleh pemerintah.

Anggota DPRD Badung asal Kuta Ni Luh Gede Sri Mediastuti menyambut baik rencana penataan Pantai Jerman. Apalagi selama ini sudah ada usulan dari masyarakat. “Bapak Bupati sudah menyatakan setuju dilakukan penataan Pantai Jerman, agar menjadi kawasan publik yang lebih representatif,” katanya. *asa

Komentar