nusabali

Bupati Puji Fungsi dan Tugas Pokok Dewan Berjalan dengan Baik

  • www.nusabali.com-bupati-puji-fungsi-dan-tugas-pokok-dewan-berjalan-dengan-baik

Empat fraksi di DPRD Badung kompak menyetujui enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda pada Rapat Paripurna DPRD Badung, Selasa (20/3).

Rapat Paripurna DPRD Badung


MANGUPURA, NusaBali
Keempat fraksi, yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PDI Perjuangan, dan Fraksi Golkar juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung karena telah menerima Ranperda Inisiatif Dewan tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani menjadi Perda.

Fraksi Demokrat dalam pemandangan umum yang dibacakan I Made Retha, mengatakan Fraksi Demokrat sangat mendukung enam Ranperda menjadi Perda karena sudah berdasarkan pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif.

Keenam Ranperda itu adalah Ranperda tentang Dana Bergulir, Pencabutan Perda Nomor 9 tahun 2010 tentang Izin Gangguan, Ranperda Penamaan dan Lambang RSUD, Ranperda Badan Permusyawaratan Desa, Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah, dan Ranperda tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

Hal senada juga disampaikan Fraksi Gerindra melalui jubirnya I Gede Aryantha, Fraksi PDIP melalui I Putu Alit Yandinata, dan Fraksi Golkar lewat pembacanya I Wayan Suyasa. “Dari enam Ranperda tersebut kami Fraksi PDI Perjuangan sepakat dan menyetujui karena telah mendapat proses pembahasan di dewan untuk ditindaklanjuti mendapatkan verifikasi dari Gubernur untuk menjadi Perda,” tegas Alit Yandinata.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta usai rapat memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Badung. Karena telah melaksanakan amanat konstitusi dengan memberikan jawaban lewat pemandangan umum (PU) fraksi-fraksi terhadap penjelasan Bupati Badung.“Saya kira dalam pemandangan umum fraksi-fraksi semua substansi (penjelasan Bupati Badung) sudah disetujui oleh DPRD,” ujar Giri Prasta.

Menurut mantan ketua DPR Badung, ini kenapa disetujui oleh keempat fraksi, karena memang sejak awal sudah dirancang bersama-sama mulai dari perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan sesuai dengan tugas dan fungsi dewan. “Artinya fungsi legislasi, budgeting, dan controlling sudah dilaksanakan dengan baik oleh dewan. Dan kami yakin semua ini demi kepentingan masyarakat Badung,” katanya. *asa

Komentar