nusabali

Menara Seluler Menjulang di Samping Kantor Camat

  • www.nusabali.com-menara-seluler-menjulang-di-samping-kantor-camat

Keberadaan menara seluler belakangan semakin menjamur di Kabupaten Jembrana. Tidak hanya di wilayah pemukiman warga.

NEGARA, NusaBali

Sebuah menara seluler dengan tinggi sekitar 20 meter menjulang di samping Kantor Camat Jembrana, pinggir jalan utama wilayah kota Negara.

Berdasar pemantaun, Selasa (20/3), menara seluler dengan satu tiang atau jenis monopole berdiri di samping Kantor Camat Jembrana. Informasinya, menara seluler monopole itu akan diisi penerangan jalan, seperti yang sudah ada di areal Gedung Kesenian Bung Karno (GKBK) Jembrana. Namun tujuan utamanya tetap menjadi pemancar seluler.

Padahal, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Jembrana Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Menara, diatur zona cell plan atau zona-zona yang diperbolehkan sebagai tempat pendirian menara seluler. Dalam upaya efisiensi dan efektivitas penataan ruang, pendirian menara seluler diarahkan menggunakan menara bersama.

Tetapi sekitar lokasi menara monopole di samping Kantor Camat Jembrana itu, juga sudah ada sejumlah menara seluler. Selain di areal GKBK Jembrana yang hanya berada sekitar 500 meter di barat Kantor Camat Jembrana, di timurnya juga terdapat sebuah menara seluler terpasang di atas bangunan rumah warga.  

Camat Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, ketika dikonfirmasi Selasa kemarin, mengatakan, sudah ada permohonan izin menara seluler di sebelah kantornya tersebut. Sebelumnya, permohon izin monopole itu disampaikan melalui pihak Kelurahan Dauhwaru, sesuai dengan kesepakatan warga sekitar, sehingga dilanjutkan ke kabupaten. “Pengajuannya sekitar tiga minggu lalu, dan sudah kami serahkan ke kabupaten,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Jembrana Ni Nengah Wartini, mengaku  sudah mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) menara seluler di samping Kantor Camat Jembrana itu. Selama ini, diakui cukup banyak permohon izin pendirian menara seluler. Namun dia mengaku tidak terlalu ingat jumlahnya, dan semua data ada di kantor. *ode

Komentar