nusabali

Pertunjukan Barong dan Cak Kembali Bergairah

  • www.nusabali.com-pertunjukan-barong-dan-cak-kembali-bergairah

Pertunjukan atau pagelaran sejumlah tarian untuk ‘konsumsi’ wisatawan bergairah kembali, pasca sepi menyusul erupsi Gunung Agung, September- Desember 2017 lalu.

DENPASAR, NusaBali

Malah di beberapa stage pertunjukkan, jumlah wisatawan yang menikmati pentas kesenian kadang di atas rata-rata.Pulihnya kunjungan wisatawan menonton seni pertunjukan, tidak lepas dari semakin membaiknya kondisi kepariwisataan Bali. “Ya sekarang sudah mulai membaik, sejak Februari kunjungan wisatawan sudah mulai normal,” ujar Kelian Sekaa Barong Banjar Denjalan dan Batur Desa Batubulan, Sukawati Gianyar I Ketut Suartika.

Keadaan ini kata Suartika, tentu mengembirakan. Karena keramaian kunjungan wisatawan menandakan kondisi pariwisata Bali semakin membaik. “Astungkara, setelah sepi kini normal kembali,” ungkapnya.  Rata-rata wisatawan yang menonton pertunjukkan Barang Dance, antara 100-150 orang setiap pentas.

Hal senada disampaikan Kelian/Ketua Sekaa Cak Ramayana di kawasan wisata Pura Uluwatu Desa Pecatu Badung I Wayan Mosin Arjana. Menurut Mosin Arjana, rata- rata sekitar 1.000 wisman yang menonton pertunjukkan Cak Ramayana di panggung Cak Ramayana di kawasan wisata Uluwatu, sejak beberapa waktu belakangan. “Kalau dulu sempat drop hingga 60 persen lebih,” ungkap Mosin.

Diakui jumlah wisman yang menonton, kadang lebih dari 1.000 orang. Namun kalau dirata-rata sekitar 1.000 wisman dari berbagai negara, Australia, China, AS dan lainnya.

Baik Suartika dan Mosin Arjana, mengiyakan  bergairahnya kembali wisatawan yang menonton atraksi seni, tentu berdampak pada meningkatnya pendapatkan warga, khususnya kalangan anggota sekaa, setelah sebelumnya cukup lama ‘nganggur’  pentas. *k17

Komentar