nusabali

Bendera Hitam Disiapkan bagi Polsek di Buleleng

  • www.nusabali.com-bendera-hitam-disiapkan-bagi-polsek-di-buleleng

Ada yang unik dalam pelaksanaan tugas jajaran Polres Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Untuk tetap menjaga kinerja anggota, Satuan Reserse Kriminal Polres Buleleng menyiapkan dua lembar bendera hitam. Bendera itu diserahkan kepada jajaran Polsek yang ada dengan pengungkapan kasus dan pelaksanaan apel paling minim.

Pemberian bendera hitam itu dimulai sejak kepemimpinan Kapolres Buleleng, AKBP Suratno di awal tahun 2018 ini. Hal itu pun disebut sebagai cap jengah yang harus dilaksanakan oleh Polsek yang mendapatkannya. Sehingga mereka terpacu untuk menuntaskan dan memaksimalkan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Mikael Hutabarat seizin Kapolres Buleleng belum lama ini mengatakan pemberian bendera hitam tersebut merupakan pecut kepada personel untuk memperbaiki semangat kinerja mereka. “Ya ini untuk lebih semangat saja, bagaimanapun kalau diserahkan di hadapan umum, seluruh Polsek pastilah terpacu,” kata dia.

Evaluasi kinerja itu pun rutin dilakukan setiap dua minggu sekali, bersamaan dengan kegiatan rilis kasus gabungan jajaran Polres Buleleng. Selain memberikan lecutan semangat baru, bendera hitam yang diterima oleh perwakilan Polsek itu juga sebagai peringatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Polri sebagai abdi negara yang dipercaya sebagai penegak hukum di Indonesia juga harus mempertanggungjawabkan tugasnya secara penuh kepada masyarakat. Apalagi laporan kasus pencurian dan kriminal lainnya cukup banyak. Laporan kasus itu pun diharapkan dapat dituntaskan tanpa memandang jenis kasus yang terjadi. Sehingga tugas utama Polri memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dapat tercapai.

Sebaliknya, Polres Buleleng juga memberikan reward kepada personelnya yang melakukan tugas dengan baik dan juga pengungkapan kasus terbanyak. “Mudah-mudahan ini tetap menjadi motivasi dan semangat bersama dalam memaksimalkan tugas kami sebagai Polri,” tegas dia.*k23

Komentar