nusabali

Sukseskan Pilkada Serentak, Damkar Hadirkan Perlindungan Masyarakat

  • www.nusabali.com-sukseskan-pilkada-serentak-damkar-hadirkan-perlindungan-masyarakat

Apel HUT Ke–99 Pemadam Kebakaran di Badung 

MANGUPURA, NusaBali
Menyukseskan Pilkada serentak yang berkualitas tahun 2018 ini, Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki tugas menghadirkan perlindungan masyarakat, mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat serta tetap siaga melindungi dan mengamankan objek vital pemerintahan dan masyarakat. Demikian sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo yang dibacakan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa selaku Inspektur Upacara dalam Apel Peringatan HUT ke–99 Damkar di Kabupaten Badung yang dirangkaikan dengan apel paripurna, Senin (19/3), di Lapangan Puspem Badung.

Mendagri juga menekankan bahwa agenda besar lainnya di 2018 ini adalah Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games XVIII di Palembang dan Jakarta. Damkar dan seluruh pemangku kepentingan yang terkait harus bekerja keras agar perhelatan internasional ini berjalan lancar tanpa terganggu asap akibat kebakaran hutan dan lahan. “Damkar sebagai barisan terdepan dalam penanganan kebakaran harus memiliki kecerdasan lapangan yang sangat dibutuhkan untuk menyiasati kondisi geografis Negara kita,” tegasnya.

Dari dua agenda besar ini, Mendagri mengharapkan Damkar dengan segenap keahlian dan keterampilan yang dimiliki, serta sarana prasarana yang ada, merupakan perangkat daerah yang sangat penting untuk mewujudkan perlindungan masyarakat, diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat, dan menjadi bagian penting pemersatu bangsa.

Usai apel, Wabup Suiasa atas nama pimpinan pemerintah daerah dan masyarakat Badung menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-99 kepada seluruh jajaran dan perangkat pemadam kebakaran di Kabupaten Badung.

Wabup Suiasa menyadari tugas dan tanggung jawab serta pengorbanan petugas Damkar sangatlah besar, tidak hanya berkontribusi untuk kenyamanan di wilayah Badung, namun juga melakukan penyelamatan, perlindungan, dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Provinsi Bali. Dengan begitu besarnya rintangan, tantangan, dan risiko yang dihadapi, hingga mempertaruhkan nyawa untuk penyelamatan, ke depan sebagai tanggung jawab formal pimpinan pemerintah daerah, akan senantiasa menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan dan menjadi daya dukung bagi perangkat Damkar agar lebih efisien dan lebih aman dalam bertugas.

“Dengan memberikan perlindungan kepada petugas Damkar, sebagai bentuk proteksi sehingga memberikan rasa aman dan nyaman dalam mereka bertugas. Untuk itu segala sarana prasarana yang dibutuhkan, kami akan berupaya semaksimal mungkin merealisasikannya,” tandasnya. *asa

Komentar