nusabali

PKL di Tiga Tempat, Siapkan SDM Berkompeten

  • www.nusabali.com-pkl-di-tiga-tempat-siapkan-sdm-berkompeten

Bertambahnya tempat tujuan PKL ini sebagai implementasi dari desain pengajaran link and match, serta menyiapkan SDM yang berkompeten.

DENPASAR, NusaBali
SMK Penerbangan Cakra Nusantara semester ini menyelenggarakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di tiga tempat sekaligus, yakni di Angkasa Pura Bandara International Ngurah Rai Bali, Angkasa Pura Bandara International Lombok Praya, dan Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh Malang. 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan PKL SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Agus Mahendra SPd, mengatakan, pada waktu sebelumnya para siswa menyelesaikan PKL di  Pangkalan Udara Husein Sastra Negara Bandung. Dari PKL tersebut, para siswa lulus 100 persen dalam uji kompetensi.  Kali ini, para siswa yang memilih jurusan Administrasi Perkantoran (Bandara) akan menjalani PKL di Angkasa Pura Bandara International Ngurah Rai Bali, dan Angkasa Pura Bandara International Lombok Praya. Sementara untuk jurusan Airframe and Power Plant serta Electronical Avionic di Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh Malang.

Menurut Agus Mahendra, beberapa tujuan diadakannya PKL antara lain untuk melatih dan mengembangkan kompetensi para siswa melalui sarana dan fasilitas terkini yang terdapat dalam industri terkait penerbangan, kedirgantaraan dan kebandaraan, guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan datang. “Dengan adanya PKL, menjadi bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja. Dengan melihat secara langsung, dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi,” ujarnya. 


Selain itu, saat PKL siswa berkesempatan untuk menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang datang. “PKL harus menjadi sesuatu yang prioritas bagi setiap penyelenggara pendidikan SMK, untuk mengembangkan dan menciptakan lulusan yang handal dan siap bekerja, sesuai dengan semangat SMK itu sendiri,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, untuk lebih menekankan kompetensi ketrampilan sesuai test masuk yang diadakan oleh user, yang dalam hal ini dunia usaha dan dunia industri, SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah menerapkan ruang lingkup kompetensi untuk masing masingya a jurusan dalam PKL ini. Dikatakan, untuk jurusan Administrasi Perkantoran (Bandara/Ground Handling Support) kompetensinya berupa Aircraft Parking, Aircraft Jacking, Aircraft Marseling, Aircraft Ground Handling, dan Aircraft General.

Sementara untuk jurusan Electrical Avionic meliputi kompetensi Electrical AC dan DC Power, Lighting System, Teknik Pengukuran System Electric, TeknikPengukuran Trouble Shooting, Instrument System, Radio dan Navigation System, serta Aircraft General. Sedangkann jurusan Airframe & Powerplant, lingkup kompetensinya yakni Structure, Flight Control, Hydraulic Pneumatic System, Pressurization System, Anti Icing/Deicing, Motor dan Propeller Pesawat Terbang, Fuel System, serta Instrument and Electrical System.

Agus Mahendra menekankan, selain mendapatkan Sertifikat Kompetensi langsung dari Pangkalan Udara, dunia usaha dan dunia industri terkait, setiap PKL para siswa juga mendapatkan Sertifikat Sikap (Attitude Certificate), yang merupakan sertifikat pendamping dari sertifikat kompetensi. Sehingga standarisasi sikap meliputi penampilan, kerapihan, kesehatan, dan etika, dapat terukur.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi putra putri lulusan SMP/MTS/Sederajat yang ingin meraih kesempatan emas ini menjadi ahli penerbangan, kedirgantaraan dan kebandaraan. Untuk informasi dapat menghubungi nomor (0361) 4742600, atau bisa juga di Call Center :  081 237 098 090. Bisa juga dengan datang langsung ke SMK Penerbangan Cakra Nusantara di Jalan Drupadi Nomor 27 Renon, Denpasar, Bali. Ayo segera bergabung karena kesempatan sangat terbatas. 

Berikut alamat e-mail dan website SMK Penerbangan Cakra Nusantara
Facebook : smk penerbangan CAKRA nusantara

loading...

Komentar