nusabali

Pecalang Tersedak Tulang

  • www.nusabali.com-pecalang-tersedak-tulang

Pecalang Banjar Sidembunut, Kelurahan Cempaga, Kecamatan/Kabupaten Bangli, I Wayan Wartawan, 44, dibawa berobat ke RSU Bangli saat Hari Raya Nyepi, Sabtu (17/3).

BANGLI, NusaBali
Penyebabnya, pecalang ini tersedak tulang ayam. Setelah menjalani pemeriksaan awal, Wartawan harus dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar.

Petugas Supervisi RSUD Bangli, Ni Nengah Mariani, mengatakan pasien Wayan Wartawan tiba di RSUD Bangli sekitar pukul 16.10 Wita. Keluhannya Corpus Alienum yakni tersangkutnya benda asing pada tenggorokan. Dari keterangan pihak keluarga, Wartawan tersedak tulang ayam saat makan. Pecalang asal Banjar Sidembunut ini diantar ke RSU Bangli oleh keluarga dengan pengawalan pecalang banjar setempat. “Pasien dirujuk ke RSUP Sanglah karena harus dilakukan pembedahan,” terang Mariani, Minggu (18/3).

Mariani mengungkapkan, pada Hari Raya Nyepi, RSUD Bangli kedatangan 53 pasien. Dari 53 pasien yang datang, 17 di antaranya harus menjalani rawat inap. Mereka yang menjalani rawat inap dengan keluhan epilepsi, asma, dan diare. “Pasien yang datang dalam berbagai kasus seperti panas dan diare,” jelasnya. Ditambahkan, 34 pasien menjalani rawat jalan dan 2 pasien dirujuk ke rumah sakit lain. Selain pecalang yang tersedak tulang, Dewa Ayu Rai Astiti Sari, 55, asal Puri Bunutin, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli juga dirujuk ke RS Ganesha, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar akibat mengalami patah tulang kaki. “Keterangan pihak keluarga, pasien jatuh saat berjalan di areal rumah,” terang Mariani. *e

Komentar