nusabali

Egy Maulana Dijuluki 'Neymar Indonesia'

  • www.nusabali.com-egy-maulana-dijuluki-neymar-indonesia

Baru saja bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri langsung mendapatkan julukan baru dari media olahraga setempat.

GDANKS, NusaBali

Pemain Timnas U-19 Indonesia tersebut mendapat sebutan Neymar Indonesia. Bergabungnya Egy memang menjadi sorotan tersendiri bagi media Polandia. Media negara tersebut, Polsat Sport, menjuluki Egy sebagai ‘Neymar Indonesia’. Padahal, pemain asal Medan ini biasa dijuluki sebagai ‘Messi Indonesia’.

Dalam salah satu artikelnya yang dilansir BolaSport.com, Polsat Sport memberitakan kedatangan Egy di Lechia Gdhansk denga berita berjudul "Mendatangkan Neymar Indonesia, Akankah Penggemar Lechia Bertambah?"

Kabar soal kepastian bergabungnya pemain kidal tersebut diumumkan secara resmi oleh pihak klub pada Minggu (11/3/). Di Lechia, pemain asal Medan ini akan terikat kontrak dengan durasi 3 tahun yang berarti berakhir pada 2021. Egy akan menggunakan nomor punggung 10 bersama tim barunya tersebut.

Meski telah diperkenalkan di hadapan wartawan setempat, Egy tak bisa segera bermain untuk membela klub ini karena kontrak pemain kelahiran Medan itu baru akan berlaku pada 8 Juli 2018. Hal itu dikarenakan adanya peraturan yang mewajibkan pemain berusia 18 tahun untuk menandatangani kontrak profesional. Saat ini Egy belum memenuhi persyaratan tersebut karena baru berusia 17 tahun.

Sementara satu di antara aturan transfer pemain FIFA tak memperbolehkan sebuah klub mengontrak pemain berusia di bawah 18 tahun. Permasalahan tersebut pernah dialami oleh klub sekelas Barcelona.

Barcelona pada tahun 2013 secara resmi mendapatkan embargo dan hukuman transfer karena menyalahi aturan FIFA. Saat itu, La Blaugrana dihukum karena mengontrak 6 pemain di bawah umur.

Keenam pemain itu adalah Seung Woo-lee, Park Seung-ho, Jang Gyeol-hee (Korea Selatan), Theo Chendri (Prancis), Bobby Adekanye (Nigeria), dan Patrice Sousia (Kamerun). Regulasi tersebut terdapat pada regulasi pasal 19 transfer FIFA yang dibuat pada tahun 2009.*

Komentar