nusabali

Nyepi Tanpa Patroli Laut

  • www.nusabali.com-nyepi-tanpa-patroli-laut

Satpol Air Polres Karangasem pada Nyepi tahun ini tidak menggelar patroli di laut.

AMLAPURA, NusaBali
Demi keamanan, Satpol Air Polres Karangasem telah melakukan upaya preventif, berkoordinasi dengan kelompok nelayan di empat kecamatan. Kelompok nelayan diingatkan pro aktif melapor ke Satpol Air Polres Karangasem bila melihat aktivitas mencurigakan di laut.

Kasatpol Air Polres Karangasem, AKP I Made Wartama, mengungkapkan pada Nyepi tahun 2017, situasi landai dan tidak ada aktivitas mencurigakan di laut. AKP Wartama meminta melapor ke Polsek terdekat untuk mencegah kejahatan di laut. Sehingga petugas cepat turun ke lapangan dan menggagalkan aksi-aksi yang merugikan seperti pengeboman ikan dan penyelundupan barang ilegal.

AKP Wartama juga telah melakukan pendekatan persuasif dengan nelayan di Lombok. Nelayan Lombok diminta saat puncak Nyepi tidak melakukan aktivitas memasuki perairan di Bali. “Nyepi tahun lalu aman, kami percaya Nyepi tahun 2018 juga aman. Makanya tidak melakukan patroli,” jelas AKP Wartama, Senin (12/3). Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem, Dr Ni Nengah Rustini MAg gencar menyosialisasikan kerukunan antar umat beragama jelang Nyepi. Rustini juga menyerukan umat Hindu menjalankan Catur Brata Panyepian. “Semua umat termasuk petugas jaga mesti menjalankan Catur Brata Panyepian,” kata Rustini. *k16

Komentar