nusabali

Anies Hadiri Melasti di Pura Segara Cilincing

  • www.nusabali.com-anies-hadiri-melasti-di-pura-segara-cilincing

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri upacara penyucian diri atau Melasti di Pura Segara, Jakarta Utara.

JAKARTA, NusaBali

Anies datang bersama istrinya, Fery Farhati Ganis. Anies tiba di Pura Segara, Jalan Kremasi, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (11/3), sekitar pukul 15.30 WIB. Dia memakai beskap hitam dan udeng.

Seperti dilansir detikcom, setibanya di Pura Segara, Anies disambut oleh Ketua Suka Duka Hindu Dharma DKI Made Sudharta dan Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Jakarta 2018 I Made Romiyasa. Anies kemudian berkeliling pura. Anies didampingi oleh sejumlah pejabat Pemprov DKI salah satunya Kepala Biro Pendidikan Mental Hendra Hidayat. Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad juga ikut mendampingi.

Ada yang menarik saat Gubernur Anies menyampaikan sambutannya, dia sempat salah mengucapkan salam pembuka. "Om Santi Om," kata dia. Seluruh umat Hindu yang hadir tertawa kecil mendengarnya. Anies lantas membenahinya saat tahu apa yang diucapkannya keliru. "Oh, om swastiastu. Harusnya baca teksnya dulu," ucap Anies di awal sambutannya. Melasti merupakan upacara dalam menyambut Hari Raya Nyepi. Bagi umat Hindu, upacara tersebut dilakukan untuk menyucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu.

Melasti digelar di pinggir pantai dengan maksud supaya perbuatan buruk hanyut terbawa air laut. Selain untuk membersihkan diri, Melasti juga dilakukan dengan pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura. Hari Raya Nyepi 2018 jatuh pada 17 Maret. Perayaan Nyepi di Ibu Kota akan terpusat di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, mulai 16 Maret. *

Komentar