nusabali

Mantra-Kerta Siapkan Regulasi Khusus Penggunaan Produk Lokal

  • www.nusabali.com-mantra-kerta-siapkan-regulasi-khusus-penggunaan-produk-lokal

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Ketut Sudikerta sangat tertarik melihat berbagai macam jenis hasil produksi keramik dalam kunjungannya ke Pusat Keramik ‘Tanteri’s Ceramics’ di Pejaten, Kediri, Tabanan, Jumat (9/3) siang.

TABANAN, NusaBali

Dalam bincang-bincang dengan seluruh pekerja dan juga pemilik Tanteri’s Ceramics Putu Oka Mahendra dijelaskan bahwa produksi keramik Pejaten mampu menembus pasar keramik internasional. Produk Tanteri’s Ceramics sendiri telah melalui proses kontrol dan telah mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Rai Mantra menyatakan bahwa pemerintah akan mendukung produk kerakyatan lokal dengan mengeluarkan regulasi khusus yang mengatur penggunaan produk lokal, dengan syarat produk lokal tersebut memenuhi standar kualitas yang ditentukan. "Pemerintah harus hadir dalam mendukung produk lokal. Terutama soal regulasi, " tegas Rai Mantra.

Melalui regulasi khusus yang dikeluarkan, Rai Mantra yakin produk lokal akan dapat bersaing bukan hanya di pasar lokal namun hingga ke pasar Internasional. "Produk lokal bisa bersaing ke pasar Internasional kalau mendapatkan dukungan dari pemerintah, " tegas Walikota Denpasar ini.

Rai Mantra menegaskan, industri kerajinan keramik menjadi salah satu kegiatan pendukung pembangunan ekonomi kerakyatan. "Bahkan industri kerajinan keramik telah menjadi salah bagian dari program pariwisata Bali, sebagaimana saat ini Tanteris Ceramics juga memiliki Museum Keramik yang menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Bali, " ujarnya.

Di sisi lain, Sudikerta menambahkan bahwa sebagai bagian program Nawacandra, pihaknya akan menciptakan program-program ekonomi kerakyatan dengan tetap melihat kepada potensi masyarakat dan daerah dengan berbasiskan kepada partisipasi aktif masyarakat. "Mantra-Kerta komitmen dengan ekonomi kerakyatan, " ujar Ketua DPD I Golkar Bali yang juga Wakil Gubernur Bali ini. *nat

Komentar