nusabali

KPU Klungkung Mulai Siapkan Logistik Pilkada

  • www.nusabali.com-kpu-klungkung-mulai-siapkan-logistik-pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung mulai mempersiapkan sarana dan prasarana untuk perhelatan Pilgub Bali dan Pilkada Klungkung 27 Juni 2018.

SEMARAPURA, NusaBali
Di antaranya membersihkan kotak suara dan bilik suara di gudang Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (6/3). Saat ini KPU Klungkung sudah memiliki 2.000 kotak suara, beberapa ada yang rusak. Untuk kebutuhan kotak suara sendiri sekitar 800 buah dan hal itu sudah tercover. Sedangkan untuk bilik suara sudah disiapkan 1.100 buah. Dalam satu TPS diperlukan tiga bilik suara dan di Klungkung terdapat 350 TPS.

Ketua KPU Klungkung, I Made Kariada mengatakan pembersihan ini untuk disiapkan dalam Pilgub dan Pilkada Klungkung mendatang. Pembersihan kotak suara dan bilik suara ini sekaligus untuk memastikan siap untuk digunakan. Sehingga saat didistribusikan ke desa-desa tidak ada masalah. “Pendistribusian ini dilakukan tiga hari sebelum Pilkada,” ujarnya. Mengenai logistik untuk Pilkada, pihaknya mengaku hingga saat ini baru proses perancangan, data Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih berporses. Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak  sudah selesai dilaksanakan.

Sesuai data yang diterima dari KPU pusat, 162.804 orang yang menjadi sasaran coklit, sejak 20 Januari-18 Februari 2018, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menemukan 10.626 orang yang tdak memenuhi syarat. Mereka terungkap sudah meninggal, di bawah umur dan tidak berdomisli di Kabupaten Klungkung.

“Oleh karena langsung dicoret dari daftar,” ujarnya. Selain itu juga ditemukan 2.651 orang belum mengantongi e-KTP yang didominasi lanjut usia dan rantauan. Hal ini pun sudah disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk bisa ditindaklanjuti dengan perekaman jemput bola. Selain itu, juga ditemukan 5.685 pemilih baru. *wan

Komentar