nusabali

Bapenda Rangsang Masyarakat Bayar Pajak Lewat Stand Terbuka

  • www.nusabali.com-bapenda-rangsang-masyarakat-bayar-pajak-lewat-stand-terbuka

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Denpasar merangsang masyarakat untuk taat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

DENPASAR, NusaBali

Salah satunya dengan pembukaan stand di Taman Kota Lumintang, yang melayani langsung pembayar pajak di tempat. Stand tersebut disediakan Bapenda sejak 27 Februari yang bertepatan dengan HUT ke-230 Kota Denpasar. Stand itu akan berakhir Sabtu (3/3) hari ini.

Kepala Bapenda Kota Denpasar, Dewa Nyoman Semadi menjelaskan, pihaknya secara rutin menggelar pelayanan pembayaran PBB secara langsung di pameran mulai pukul 08.00 Wita hingga 15.30 Wita. Pelayanan ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin memenuhi kewajiban bayar pajak yang tidak perlu lagi ke kantor Bapenda.

“Ini memang setiap tahun, dan kini kami kembali melaksanakan pelayanan pembayaran PBB di Pameran Inovasi Pelayana Pubik Kota Denpasar tahun 2018,” jelasnya. Lebih lanjut dikatakan, selain untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, pelaksanaan kegiatan ini juga untuk memberikan rangsangan kepada masyarakat untuk memenuhi kewajiban pajaknya sebelum jatuh tempo.

“Kami terus mendorong masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak dengan berbagai kemudahan dan penghargaan walaupun sederhana seperti pemberian baju kaos ini,”paparnya. Hal ini terbukti efektif dalam memaksimalkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban sebagai wajib pajak.

Dengan membuka stand terbuka seperti ini peningkatan jumlah wajib pajak yang memenuhi kewajibanya dari tahun ke tahun semakin tinggi. Berdasarkan data di lapangan, hingga hari ketiga pelaksanakan pelayanan PBB di pameran tedapat 45 wajib pajak yang telah memenuhi kewajibanya. “Saat ini masih efektif, dan setiap tahun mengalami peningkatan,” ujarnya.

Sementara, salah satu wajib pajak, Kadek Dharmawati mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan langsung di pameran ini. Sehingga selain untuk membayar pajak, masyarakat juga dapat menikmati berbagai hiburan, stand pameran dan berbagai ragam kuliner Kota Denpasar. “Bagus inovasinya dan pembayaran pajak pun jadi lebih mudah dan sekaligus dapat berekreasi,” ungkapnya. * m

Komentar