nusabali

Peradah Tagih Pendirian PAUD Hindu Negeri di Buleleng

  • www.nusabali.com-peradah-tagih-pendirian-paud-hindu-negeri-di-buleleng

Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Buleleng mendorong pemerintah daerah setempat segera merealisasikan rencana pendirian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hindu Negeri.

SINGARAJA, NusaBali
Hal tersebut sebagai salah satu upaya pembangunan karakter peserta didik sejak usia dini. Ketua Peradah Buleleng, I Made Bagus Andi Purnomo, Minggu (25/2) kemarin mengatakan, pihaknya berharap besar pendirian PAUD Hindu Negeri segera terelisasikan. Yang sebelumnya pernah diwacanakan Pemkab Buleleng akan dibangun di masing-masing kecamatan yang ada.

“Memang pernah ada wacana seperti itu, dan mudah-mudahan tidak dilupakan dan segera ada realisasinya,” kata pemuda asal Busungbiu itu. Pihaknya juga menilai pendirian PAUD Hindu sejalan dengan program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan anak usia dini. Terlebih banyak penghargaan yang diterima Kabupaten Buleleng dalam hal pembinaan PAUD di berbagai wilayah desa dan kecamatan di daerah itu.

Pendirian PAUD Hindu Negeri menurutnya sangat diperlukan di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih. Salah satunya untuk membangun sikap dan karakter anak usia dini melalui Agama dan Budaya yang sering digaungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Apalagi belakangan ini smartphone mulai menjajah anak usia dini dan mulai menjangkiti. Mereka yang sudah terbiasa dengan layanan serba ada dalam ponsel pintarnya berdampak sanagt buruk pada perkembangan emosional sosial dan pengenalan lingkungan sekitarnya.

“Banyak contoh yang bisa kita lihat, seperti halnya, anak-anak sekarang yang sudah terbiasa dnegans marphone jadi malas belajar menabuh atau menari, karena mereka kini lebih asik dengan teknologi serba canggih, ini adalah ancaman serius,” imbuh dia.  “Jika tidak segera disikapi, maka akan ada kepunahan budaya dan adat yang saat ini sedang kita junjung tinggi.”

Bagus pun menilai pendirian PAUD Hindu Negeri awalnya dapat digunakan sebagai percontohan. Jika sistem dan kurikulumnya jalan bagus, akan direalisasikan tiap satu desa, berdiri satu PAUD Hindu.*k23

Komentar