nusabali

Lulusan SMK Diharapkan Jadi Wirausaha

  • www.nusabali.com-lulusan-smk-diharapkan-jadi-wirausaha

Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih alias Demer, mengharapkan lulusan SMK Negeri 3 Singaraja bisa menjadi wirausaha muda baru sekaligus mengurangi angka pengangguran di daerah itu.

SINGARAJA, NusaBali

"Saya berharap lulusan siswa-siswi SMK ini tidak hanya mengandalkan menjadi pegawai negeri atau pegawai biasa. Lebih baik mencari terobosan baru dengan membuka peluang usaha sesuai minat dan bakatnya masing-masing," kata Demer saat menjadi pembicara di SMKN 3 Singaraja, Selasa (20/2).

Sosialisasi tersebut diikuti sekitar 400 siswa kelas XII semua jurusan SMKN 3 Singaraja dengan mengambil tema ‘Melalui Semangat Empat Pilar Kita Bangkitkan Wirausaha Muda’.

Politisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng ini berharap seminar itu bisa menularkan semangat berwirausaha para generasi muda di Pulau Dewata khususnya di Buleleng. Dia mendata secara nasional jumlah wirausaha baru hanya 1,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Idealnya jumlah wirausaha minimal 2 persen dari jumlah penduduk untuk meningkatkatkan perekonomian negara. "Berwirausaha itu sangat mulia karena selain bisa menambah penghasilan juga bisa membuka lapangan kerja sekaligus mengurangi pengangguran," ujarnya.

Bagian Humas SMK Negeri 3 Singaraja I Ketut Muliana menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut karena bisa membuka pola fikir generasi muda sebelum memasuki dunia kerja. "Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin sehingga bisa menggetoltularkan semangat berwirausaha kepada adik-adik sebelum menyelesaikan pendidikan," ujarnya.  

Salah seorang siswi, Ni Putu Indah Kartini Putri juga menyatakan hal yang sama bahwa dirinya tertarik dengan kegiatan tersebut. "Kegiatan ini akan menambah wawasan saya sebelum mengikuti jenjang yang lebih tinggi," ujarnya. *sur

Komentar