nusabali

Sambut Nyepi, Gelar Pengobatan Gratis

  • www.nusabali.com-sambut-nyepi-gelar-pengobatan-gratis

Menyambut hari raya Nyepi tahun baru Saka 1940, umat Hindu provinsi Banten mengadakan pengobatan gratis pada Minggu (25/2) di Mandala Pura Eka Wira Anantha, Serang.

JAKARTA, NusaBali

Pengobatan tidak hanya terbuka bagi kalangan internal umat Hindu, melainkan bagi umat lain di sekitar Pura. Pengobatan gratis terlaksana berkat kerjasama panitia hari raya Nyepi tahun baru Saka 1940 bersama Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat Hindu provinsi Banten, PHDI provinsi Banten dan Yayasan Abdi Dharma.
 
"Semuanya ngayah saat pengobatan gratis," ujar Ketua PHDI provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja kepada NusaBali, Minggu (18/2). Menurut Alit Wiratmaja, ada sekitar 300-an orang yang sudah mendaftar untuk berobat.
 
Selain pengobatan gratis, panitia hari raya Nyepi tahun baru Saka 1940 juga menggelar bakti sosial. Mereka mengarah ke kabupaten Lebak pada Sabtu (3/3). Dipilihnya lokasi ini karena baru saja terjadi gempa sehingga masyarakat setempat membutuhkan uluran tangan.
 
"Kami kesana atas saran dari Bapak Kanwil Kementerian Agama provinsi Banten. Beliau juga akan datang kesana," ucap Alit Wiratmaja. Selanjutnya baksos di desa Sodong, Tigaraksa, Tangerang pada Minggu (4/3). Disambung baksos ke pantai Tanjung Pasir, Tangerang pada Sabtu (10/3).
 
Melalui kegiatan sosial, Alit Wiratmaja berharap semakin mempererat rasa persaudaraan dan toleransi antar umat beragama di provinsi Banten. Pengobatan gratis dan baksos sendiri merupakan rangkaian dari peringatan hari raya Nyepi. Setelah itu, ada upacara Melasti di pantai Tanjung Pasir pada Minggu (11/3).
 
Jumat (16/3) upacara Tawur Agung Kesanga dan lomba ogoh-ogoh yang berlangsung di jaba sisi Pura Eka Wira Anantha, Serang. Lomba diikuti oleh enam banjar di provinsi Banten. *k22

Komentar