nusabali

2018, SMKN Bali Mandara Sediakan 150 Kursi

  • www.nusabali.com-2018-smkn-bali-mandara-sediakan-150-kursi

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Negeri Bali Mandara Buleleng, tahun 2018 membuka peluang bagi siswa kurang mampu di Bali untuk mendapatkan pendidikan di sekolah ini. 

SINGARAJA, NusaBali
Di tahun ajaran 2018/2019, SMKN Bali Mandara menyediakan 150 kuota calon siswa yang akan diterima untuk mendapatkan pendidikan gratis.

Sekolah rintisan Pemprov Bali sejak tahun 2015 lalu, tahun ini juga akan meluluskan perdana siswanya. Jumlah kuota yang dibuka setiap tahunnya pun terus bertambah. Pada tahun pertama yakni tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 97 siswa yang diterima, di tahun ajaran 2016/2017 meningkat menjadi 128 siswa, kemudian 150 siswa tahun ajaran 2017/2018.

Kepala SMKN Bali Mandara Drs Ida Bagus Pawanasuta  MPd, Sabtu (17/2), mengatakan penambahan jumlah kuota yang disediakan Provinsi Bali merupakan wujud komitmen untuk menambah akses pendidikan berkualitas pada putra-putri Bali yang kurang mampu. “Dengan ditambahnya kuota ini akan memberikan kesempatan lebih bagi mereka yang kurang beruntung dari segi ekonomi, sedangkan potensi untuk maju sangat besar,” ujar dia.

Pada angkatan keempat ini, SMKN Bali Mandara masih membuka tiga kompetensi keahlian yang dikembangkan di sekolah yang menggunakan system kehidupan berasrama ini. Yakni, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO), serta Teknik Gambar Bangunan (TGB) atau Disain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).

Sebagai sekolah rintisan Pemprov Bali, target sekolah ini pun tidak berbeda dengan SMAN Bali Mandara yang sudah lebih awal dibangun, yakni menghasilkan lulusan berkualitas dan mandiri. Lulusan siswa SMKN Bali Mandara sebagai lulusan siswa kejuruan selain memiliki keterampilan di bidangnya juga dibentuk agar nanti kualitasnya sejajar dengan lulusan Politeknik Bali.

Upaya tersebut pun dilakukan dengan menghadirkan sejumlah dosen profesional di bidangnya untuk memberikan pembelajaran dan kurikulumnya juga memakai kurikulum yang diterapkan di Politeknik Negeri Bali. Selain dicetak cakap dalam keterampilannya, siswa juga dibentuk karakternya melalui beberapa program. Sehingga sekolah yang baru berdiri tiga tahun ini sudah mampu mencetak siswa berprestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Seperti prestasi terbaru yang mampu ditorehkan Komang Aji Tegak Sidimen, sebagai peserta Paskibraka Tingkat Nasional, Ni Luh Gede Yastini dan I Dewa Agung Ary Aditya Wibawa berhasil meraih Special Award Winner dalam Lomba Peneliti Belia tingkat Nasional,  serta I Gede Deni Wiliarta berhasil meraih Juara I dan berhak membawa piala bergilir dalam Gema Lomba Matematika (GLB) tingkat SMK se-Bali yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha.

Sementara itu, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMKN Bali Mandara terdiri akan melalui penjaringan yang sangat ketat seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni seleksi paper based, boot camp,dan home visit. Ada dua jalur PPDB SMAN Bali Mandara, yakni jalur khusus dan jalur prestasi olahraga. Syarat dasar jalur khusus yaitu siswa SMP/MTs yang berdomisili di Bali, menduduki 10 peringkat teratas yang direkomendasi kepala sekolah dan berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah yang dibuktikan dengan surat keterangan kurang mampu.

Sedangkan Jalur Prestasi Olahraga diperuntukkan untuk siswa yang memiliki prestasi dan bakat bidang olah raga sepak bola, voli, dan basket. Dengan syarat tambahan memilik prestasi di bidang olahraga tersebut yang dibuktikan dengan piagam atau sertifikat penghargaan.

Pendaftaran dilakukan secara online oleh operator sekolah/wakasek/guru BK pelamar masing-masing melalui website ppdb.smknbalimandara.sch.id yang dibuka dari 19 Pebruari - 3 Maret mendatang. Dokumen pendukung lamaran seperti foto kopi kartu keluarga (KK), surat keterangan miskin, foto kopi raport, dan berkas pendukung lainnya yang diminta dalam formulir pendaftaran dikikirim langsung ke sekretariat panitia PPDB SMAN/SMKN Bali Mandara.

Informasi lebih lanjut bisa dihubungi nomor telpon SMKN Bali Mandara (0362) 3301875, SMAN Bali Mandara (0362) 3435052 facebook: SMK Negeri Bali Mandara, SMA Negeri Bali Mandara, website: www.smknbalimandara.sch.id dan www.smanbalimandara.sch.id, serta email: [email protected] dan [email protected]. 7

Komentar