nusabali

Amankan Imlek, Polda Bali Kerahkan 220 Personel

  • www.nusabali.com-amankan-imlek-polda-bali-kerahkan-220-personel

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan tahun baru Imlek di Kota Denpasar, pada Jumat (16/2), Polda Bali mengerahkan sedikitnya 220 petugas gabungan. 

DENPASAR, NusaBali
Ratusan personel tersebut disebar disejumlah vihara, tidak hanya itu, kepolsian juga menyiapkan personel gabungan cadangan untuk dikerahkan ke lapangan jika diperlukan dalam mengantisapasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Wakil Direktur Pamobvid Polda Bali, AKBP I Putu Tustha menerangkan pengamanan sejumlah obyek vital seperti vihara dalam perayaan Imlek tersebut sebagai upaya untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif saat jemaat melaksanakan kegiatan disejumlah vihara dikawasan Kota Denpasar. Menurut dia, pengamanan tersebut sudah berlangsung sejak malam hari sebelum puncak perayaan Imlek. Personel yang terlibat dalam satuan tugas pengamanan langsung melakukan penjagaan di beberapa vihara dengan menempatkan personel sesuai dengan jemaat yang ada di vihara tersebut, “Jumlah personel yang bertugas tiap Vihara disesuaikan dengan tingkat jemaat. Untuk Vihara yang jemaatnya banyak, personel yang bertugas dilokasi itu berjumlah 10 hingga 15 personel,” bebernya, Jumat (16/2) siang.

Diakuinya, setiap kegiatan pengamanan, pasti ada potensi kerawanan. Sehingga, koordinasi anatara personel yang bertugas dilapangan diintenskan serta berkoordinasi dengan petugas keamanan vihara itu sendiri. Dengan demikian, potensi kerawanan itu bisa diredam dan dibendung dengan keberadaan personel disetiap lokasi dan akses tempat ibadah tersebut. “Untuk total personeld alam satuan pengamanan ini ada 220 orang. Ini disebar dibeberapa titik vihara di Kota Denpasar ini. Kalau jaga sudah sehari sebelumnya hingga puncak. Dengan demikian, keberadaan petugas dilapangan memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan,” tuturnya.

Selain mengerahkan personel ke lapangan, petugas gabungan dalam Satgas pengamanan tahun baru Imlek ini ada yang stand-by di Mapolda Bali. Tujuannya, petugas cadangan ini siap diturunkan kapan saja jika diperlukan saat situasi tidak diinginkan. Sehingga, dengan segera situasi dapat ditangani dan tidak menimbulkan kepanikan bagi jemaat. Hanya saja, perwira melati dua dipundak ini engan memberikan perincihan total petugas cadangan yang siap back-up, “Kamis udah siapkan pasukan tambahan dan sudah siap digeser jika ada kerawanan. Masyarakat bisa beribadah dengan tenanng dan kami melakukan pengamanan,” tutupnya.dar

Komentar