nusabali

Puluhan Lansia Kurang Mampu Terima Bantuan

  • www.nusabali.com-puluhan-lansia-kurang-mampu-terima-bantuan

Sebanyak 50 orang lansia kurang mampu di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar Buleleng, Jumat (16/2) kemarin menerima bantuan sembako dan alat bantu bagi lansia yang mengalami kecacatan. 

SINGARAJA, NusaBali
Penyerahan bantuan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Gede Komang dengan menggandeng komunitas Sosial Garba Nusantara Bali dan Yayasan Bunga Bali.

Penyerahan bantuan itu menurut Gede Komang merupakan salah satu wujud kepedulian Pemkab Buleleng kepada masyarakatnya yang kurang mampu. “Kali ini menggandeng dua komunitas sosial untuk memberikan bantuan kepada mereka yang sudah lanjut usia dengan kondisi kurang mampu. Selain juga penyerahan lima kursi roda dan dua tongkat ketiak pada penyandang cacat,” kata dia.

Selama ini di Buleleng yang terdata sebagai lansia terlantar dan ditangani Dinas Sosial sebanyak 5.295 orang. Namun Gede Komang tidak menampik di luar angka itu masih banyak yang ditemukan di luar pendataan. Pihaknya pun mengaku terus melakukan penyisiran melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mendata dan menangani lansia terlantar yang tercecer.

Biasanya mereka yang ditemukan benar-benar telantar tidak memiliki sanak saudara akan diarahkan untuk tinggal di Panti Jompo. Sedangkan lansia telantar yang masih memiliki sanak saudara yang mau mengurus, diupayakan bantuan sembako, hingga bedah rumah dari Dinas Sosial dan juga komuitas sosial yang ada selama ini.

“Selama ini kita banyak dibantu komunitas sosial, bahkan di Buleleng termasuk sering mendapatkan bantuan bedah rumah untuk lansia telantar, sehingga mereka bisa mendapatkan hidup yang lebih layak di usia tuanya,” imbuh dia.

Sementara itu penyerahan bantuan kepada lansia kurang mampu di Desa Dencarik juga dihadiri oleh pendamping PKH. Perbekel Dencarik, Putu Budiasa beserta perangkat Desa. Ketua Yayasan Garba Nusanrara, Made Pala Yutha dan perwakilan Yayasan Bunga Bali Nyoman Dana yang didampingi oleh pengurus yayasan masing-masing.7k23

Komentar