nusabali

Lusa, SMAN/SMKN Bali Mandara Buka Pendaftaran

  • www.nusabali.com-lusa-smansmkn-bali-mandara-buka-pendaftaran

Dua sekolah Pemprov Bali, SMAN dan SMKN Bali Mandara yang berlokasi di Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng kembali merekrut siswa dari keluarga miskin, tahun ajaran 2018/2019. 

SINGARAJA, NusaBali
Untuk SMAN merupakan rekrutmen angkatan VII, dan SMKN angkatan IV. Penerimaan kali ini tidak beda jauh dengan proses penerimaan tahun lalu. Jumlah siswa yang akan diterima sama dengan jumlah tahun lalu sebanyak 128 orang untuk SMAN, dan sebanyak 150 orang untuk SMKN. Pendaftaran pun dibuka lebih awal yakni Senin lusa, tanggal 19 Februari 2018.

Kepala SMA Bali Mandara, I Nyoman Darta Jumat (16/2) mengatakan, seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) itu harus dilakukan lebih awal karena proses rekrutmen itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses itu karena beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon peserta untuk bisa diterima. Itu artinya tidak semua siswa yang mendaftar nanti bisa diterima. “Kita memang mengambil rentang waktu lebih dini, karena prosesnya itu cukup panjang, syarat bisa diterima itu sangat ketat,” terangnya.

Dijelaskan, seleksi PPDB diawali dengan tahap sosialisasi ke masing-masing sekolah SMP di Bali. Karena masing-masing sekolah diberi kesempatan mendaftarkan maksimal 10 orang siswanya dari keluarga kurang mampu sebagai calon peserta didik di SMAN/SMKN. “Intinya selama siswa itu dari keluarga miskin, bisa sekolah di SMAN atau SMKN. Tetapi biasanya karena jumlah pelamarnya melebihi kuota yang ada, maka harus ada seleksi lebih lanjut,” kata Nyoman Darta.

Masih kata Darta, dalam seleksi tersebut, proses berikutnya adalah tahap Paper Base (penerimaan dan seleksi administrasi). Tahap ini seluruh berkas persyaratan calon siswa yang melamar diperiksa, untuk memastikan seluruh persyaratan lengkap. 

Langkah selanjutnya adalah tahap Home Visit (kunjungan ke rumah calon siswa), guna memastikan kondisi ekonomi calon siswa. “Home Visit ini yang membutuhkan waktu yang agak lama, karena tim harus mendatangi rumah seluruh siwa satu persatu. Dan kadang menuju rumah calon siswa harus jalan kaki, naik turun bukit,” ungkapnya.

Masih kata Darta, calon siswa yang lolos dan menuhi syarat, akan melewati tahap terakhir yakni Boot Camp (penggalian potensi) di SMAN dan SMKN Bali Mandara melalui proses interview, focus grup discusion, tes psikologi. “Dari hasil itulah, nilai dari masing-masing siswa itu kita akumulasikan, baru nanti ada perangkingan dengan nilai teratas untuk menentukan siswa yang lolos diterima,” papar Darta yang mantan Kasek SMAN 1 Singaraja ini.

Bagi yang ingin mengetahui formulir pendaftaran lebih lanjut bisa menghubungi nomor telpon sekolah (0362) 3435051, facebook: SMA Negeri Bali Mandara, website: www.smanbalimandara.sch.id, atau email: [email protected]. 7k19
 

Jadwal Penerimaan Siswa SMAN/SMKN Bali Mandara
Pendaftaran  :   Minggu III Februari-Minggu I Maret 2018
Paper Based :   Minggu III Februari-Minggu I Maret 2018
Home Visit    :   Minggu IV Maret-Minggu IV April 2018
Boot Camp   :   Minggu III Mei 2018
Pengumuman kelulusan: Minggu I Juni 2018

Komentar