nusabali

Saatnya The Gunners Ikuti MU

  • www.nusabali.com-saatnya-the-gunners-ikuti-mu

Peluang Arsenal finis empat besar di Premier League tertutup. The Gunners disarankan mengikuti jejak Manchester United (MU) musim lalu, mengalihkan fokus ke Liga Europa ketika peluang empat besar di EPL tertutup.

Lawan Klub Swedia di Liga Europa


LONDON, NusaBali
Ya, hanya juara Liga Europa jadi satu-satunya jalan berlaga di Liga Champions Eropa.. Hal itu diungkapkan mantan striker Arsenal Ian Wright, soal peluang Arsenal ke empat besar. Meriam London  mendapat pukulan, setelah kalah 0-1 dalam derby London Utara melawan Tottenham Hotspur di Stadion Wembley, Sabtu (10/2).

Karena tidak konsisten, Wright menilai sulit bagi The Gunners di empat besar EPL. Maka Arsenal harus menjuarai Liga Europa untuk merebut tiket ke Liga Champions. "Untuk mengejar selisih delapan poin (dari Chelsea) dengan selisih gol yang inferior --dan hanya dengan 11 laga tersisa-- akan jadi prestasi luar biasa,”kata Wright

Di babak 32 besar Liga Europa, Arsenal tandang menghadapi klub Swedia Ostersund, di leg pertama, Kamis (15/2). Selanjutnya  gantian jadi tuan rumah di leg kedua pada 22 Februari. Dari segi kualitas, Arsenal pantas diunggulkan menang, apalagi lawannya tim debutan di kompetisi Eropa. Namun kalau melihat catatan tandang dan performanya yang angin-anginan, tidak aneh jika The Gunners  diragukan.

Arsenal selalu kalah dalam tiga laga tandang terakhirnya (1-2 vs Bournemouth, 1-3 vs Swansea, 0-1 vs Tottenham). Mereka juga hanya menang tiga kali dalam 10 laga terakhirnya di semua ajang (M3 S3 K4). Arsenal hanya menang dua kali dalam 10 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M2 S4 K4).

Di fase grup pun Arsenal sempat kalah 0-1 saat melawat ke markas Koln, setelah sebelumnya menang di kandang BATE (4-2) dan Red Star (1-0). Arsenal lolos sebagai juara Grup H dengan poin 13 (M4 S1 K1), mencetak 14 gol dan kebobolan empat.

Jika ingin melangkah lebih jauh, Arsenal harus melewati Ostersunds dengan rekor kandangnya lima kali menang dan sekali imbang. Lima kemenangan itu dilalui tanpa kebobolan (2-0 vs Galatasaray, 1-0 vs Fola Esch, 2-0 vs PAOK, 1-0 vs Hertha Berlin, 2-0 vs Zorya). Hanya Athletic Bilbao pulang dari markas Ostersunds dengan gol dan imbang 2-2.

Pelatih Ostersunds bernama Graham Potter. Dia berasal dari Inggris. Menangani Ostersunds sejak 2010, Potter membawa dari divisi empat ke babak knockout Liga Europa. Hasil kerjanya sangat luar biasa. Pasti hebat jika dia membawa tim debutan ini mampu menyingkirkan Arsenal. *

Komentar