nusabali

Api dari Lantai II, Penyebab Belum Pasti

  • www.nusabali.com-api-dari-lantai-ii-penyebab-belum-pasti

Petugas Laboratorium Forensik (Labfor) cabang Denpasar, Rabu (14/2) pagi turun ke lokasi bekas kebakaran Gedung Unit V Kantor Gubernur Bali, Selasa (13/2) sore.

DENPASAR, NusaBali

Belasan petugas yang membawa sejumlah peralatan penyelidikan langsung masuk dan menyusuri satu persatu bangunan berlantai tiga untuk mencari tahu penyebab pasti dan sumber api pertama kali. Tim yang dipimpin langsung oleh Kombes Kusnadi berada selama 2 jam di dalam lokasi dan baru keluar sekitar pukul 11.30 Wita dengan membawa sejumlah barang yang akan dijadikan bahan sampel termasuk salah satunya abu sisa kebakaran itu. Hasil pemeriksaan awal itu, bahwa api memang berasal dari lantai II ruangan yang berada paling utara. Selanjutnya, api merembet ke seluruh bangunan termasuk ke lantai III “Hasil pemeriksaan dari tingkat kerusakan, sumber pertama kali api berasal dari lantai dua paling pojok di ruangan itu. Selanjutnya merembet ke lantai III,” beber Kombes Kusnadi selaku Kalabfor Mabes Polri, Cabang Denpasar usai mengelar pemeriksaan Rabu (14/2).

Dikonfirmasi prihal penyebab pasti kebakaran gedung itu, Kombes Kusnadi masih belum bisa merincinya. Ia berdalih masih dalam penyelidikan dan memeriksa sejumlah barang bukti untuk diperiksa di laboratorium. Timnya akan kembali lagi ke lokasi pada Kamis (15/2) hari ini untuk mendalami bukti lainnya serta menganalisa hasil barang bukti yang sudah diambil timnya. Menurut dia, masih ada sejumlah bukti yang harus diterimannya untuk menganalisa secara menyeluruh penyebab kebakaran termasuk gambar-gambar listrik dan bangunan serta layout tata letak barang di dalam ruangan itu. “Yang kita ambil sampelnya saat ini adalah abu dan kabel-kabel kelistrikan untuk diperiksa. Kita belum bisa memastikan penyebab kebakaran itu. Karena semuannya masih dalam penyidikan,” terangnya. *dar

Komentar