nusabali

Harapan Hidup Meningkat, Giriasa Rancang Santunan dan Bikin Taman Lansia

  • www.nusabali.com-harapan-hidup-meningkat-giriasa-rancang-santunan-dan-bikin-taman-lansia

Salah satu program pemerintah yang bakal digarap pada 2018 adalah santunan bagi warga usia lanjut (lansia).

MANGUPURA, NusaBali
Selain itu, duet Giriasa juga merancang taman lansia untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas yang dibutuhkan para lansia.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa menegaskan, saat ini angka harapan hidup di kabupaten dengan enam kecamatan dan 62 desa/kelurahan itu mencapai 72 tahun. Usia harapan hidup ini dicapai berkat indeks kebahagiaan yang sukses dirancang oleh pemerintah.

“Ini menjadi perhatian kami selanjutnya,” ujar Giri Prasta yang saat ini masa pemerintahannya memasuki 2 tahun pada 16 Februari besok. Perhatian yang dimaksud, jangan sampai angka harapan hidup yang panjang menjadi beban bagi keluarganya. “Kami tak mau angka harapan hidup yang panjang malah jadi beban bagi keluarga masing-masing,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Giri Prasta, pihaknya akan merancang jaminan sosial berupa pemberian santunan bagi warga usia lanjut di atas 72 tahun. Kapan dan berapa nilai santunan yang akan diberikan, saat ini masih dalam proses kajian. Bupati berharap santunan ini bisa diberikan pada APBD Perubahan 2018.

Perhatian kepada lansia juga diberikan berupa penyediaan taman lansia. Untuk tujuan ini, Bupati Giri Prasta bersama wartawan melakukan studi banding ke Kota Bandung untuk melihat dari dekat fasilitas apa saja yang disiapkan di taman lansia.

Selain tempat senam dan aktivitas kesehatan lainnya, taman ini juga dilengkapi fasilitas rekreasi. Dengan begitu, para lansia benar-benar nyaman di usia senjanya. *asa

Komentar