nusabali

Rai Mantra Resmikan Bedah Warung di Kesiman Kertalangu

  • www.nusabali.com-rai-mantra-resmikan-bedah-warung-di-kesiman-kertalangu

Ajak Masyarakat Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Berdaya Saing

DENPASAR, NusaBali

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra meresmikan bedah warung di Desa Kesiman Kertalangu, Sabtu (10/2). Bedah warung tersebut merupakan program Pemkot Denpasar dalam membantu ekonomi kerakyatan yang dibiayai melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar.

Salah satu warung yang sudah mendapatkan renovasi, yakni Warung Prodong milik Purna Wirawan di Jalan Gandapura III, Gang Prodong Nomor 24X Desa Kesiman Kertalangu. Bedah warung yang didapatkan selain renovasi peningkatan kualitas fisik juga mendapatkan pendampingan manajemen ekonomi dari Disperindag.

Rai Mantra mengatakan Program Bedah Warung merupakan bentuk kepedulian Pemkot Denpasar dalam pengembangan sektor ekonomi mikro dan kerakyatan. Dengan adanya bedah warung tersebut diharapkan mampu memberikan peningkatan daya saing bagi ekonomi kerakyatan.

"Usaha yang mendapatkan bedah warung ini merupakan warung yang mempertahankan kuliner tradisional. Selain diharapkan keberadaannya kedepan dapat ikut melestarikan resep warisan leluhur, juga diharapkan dalam penyajian masakannya bersih, sehat dan higienis,” jelas Rai Mantra.

Sementara Kadisperindag Kota Denpasar, I Wayan Gatra mengatakan Program Bedah Warung Kota Denpasar telah dirintis sejak tiga tahun lalu. Mengenai kriteria yang ditetapkan untuk suatu unit usaha warung mengikuti program bedah warung, antara lain kepemilikan surat ijin usaha.

“Warung tersebut juga harus memiliki prospek diantaranya produk yang ditawarkan diminati konsumen. Selain juga dilihat dari kondisi warungnya yang memang perlu dibenahi baik secara fisik maupun manajerialnya,” ujarnya. Pemilik Warung Prodong, Purna Wirawan mengucapkan terima kasih atas bentuk perhatian Pemkot Denpasar terhadap usaha yang dikelolanya. “Usaha warung yang saya kelola ini menjual masakan tradisional Bali. Selain berjualan di warung ini (di Jalan Gandapura III, Gang Prodong Nomor 24X Desa Kesiman Kertalangu, Dentim, red) saya juga menerima pesanan menu masakan untuk Hari Suci Keagamaan,” katanya. Purna Wirawan berharap program Bedah Warung ini dapat meningkatkan kunjungan pembeli karena sudah terjamin dari segi higienitas dan kesehatannya. *m

Komentar