nusabali

Semarapura Fashion Day, Bangkitkan Kejayaan Kain Tenun Klungkung

  • www.nusabali.com-semarapura-fashion-day-bangkitkan-kejayaan-kain-tenun-klungkung

Pemkab Klungkung melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan menggelar peragaan busana Semarapura Fashion Day, Jumat (9/2) malam.

SEMARAPURA, NusaBali

Bertempat di depan Monumen Puputan Klungkung, peragaan yang mengusung tema ‘The Hearth of Tenun Klungkung ini’ memamerkan berbagai busana berbahan kain Endek khas Kabupaten Klungkung. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku pencetus event ini mengatakan tujuan digelarnya kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan kejayaan kain tenun Khas Klungkung seperti Endek, Rang Rang, Cepuk serta songket.

“Di tengah majunya perkembangan kain endek di masing masing kabupaten/kota di Bali, maka Klungkung yang merupakan asal dari kain Endek harus mampu bangkit dan meraih kejayaannya, melalui event yang akan diekspose media ini diharapkan aura kain Endek akan bangkit,” ujar Bupati I Nyoman Suwirta.  

Ditambahkan selain penyelenggaraan event ini, tentunya fasilitas pasar dan kenyamanan pengunjung juga akan ditingkatkan sehingga akan meningkatkan kunjungan. Pasar Seni Semarapura yang merupakan pusat pemasaran kain khas Klungkung akan dilakukan revitalisasi menjadi pasar modern guna memberikan kenyamanan para pengunjung selain sebagai bagian dari paket wisata city tour kota Semarapura.

Dalam peragaan busana tersebut ditampilkan berbagai koleksi busana Endek hasil karya para perancang Klungkung, di antaranya Putu Mahendra dari Ayodya Collection, Ni Kadek Rika Adnyani dari Derika Collection, I Wayan Widiantara  dari Sri Widhi  Collection serta Ni luh Made Aryati dari Aryati Wedha Collection.

Sebagai acara pamungkas ditampilkan koleksi dari disainer Merdi Sihombing yang diawali dengan tarian api/firedance oleh beberapa penari. Merdi Sihombing merupakan perancang busana yang telah lama mempelajari proses pembuatan kain tenun khas Klungkung dan bahkan sempat tinggal lama di Nusa Penida.

Dia sangat mengapresiasi langkah Pemkab Klungkung untuk mengembalikan kejayaan Kain Tenun Khas Klungkung. Menurutnya Klungkung merupakan pusat kain Endek dan kain tenun lainnya. “ Orang yang ingin mencari kain Endek dan songket pasti ke Klungkung, karena pengerajin banyak di Klungkung dan memang Klungkung lah pusatnya.” Ujar Merdi Sihombing.    

Pagelaran diakhiri penyerahan sebuah baju Endek hasil karya Merdi Sihombing kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebagai wujud apresiasi atas upaya Pemkab Klungkung dalam membangkitkan kejayaan kain tenun Klungkung. Turut hadir menyaksikan Ketua Dekranasda Klungkung Ny Ayu Suwirta dan Ketua Dekranasda Kota Denpasar I A Selly D Mantra, Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, dan lainnya. *wan

Komentar