nusabali

Jelang Pilgub Bali, TNI-Polri-Pemerintah Jaga Sinergitas

  • www.nusabali.com-jelang-pilgub-bali-tni-polri-pemerintah-jaga-sinergitas

Untuk menciptakan situasi kondusif dalam Pilkada 2018, Polda Bali terus bersinergitas dengan Kodam IX/Udayana dan Pemprov Bali.

DENPASAR, NusaBali

Salah satu sinergi itu, yakni dengan menggelar olahraga bersama di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Jumat (9/2) pagi. Olahraga yang dihadiri ribuan personel gabungan tersebut untuk menyamakan presepsi serta meningkatkan sinergitas antara instansi terkait. Sehingga, perhelatan politik tersebut dapat berlangsung aman dan kondusif.

Dalam acara tersebut hadir Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Ketua KPU Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Tak ketinggalan kedua pasang Cagub-Cawagub juga hadir, yakni pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP dan pasangan IB Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) diusung Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-PKS-PBB. Namun pasangan Mantra-Kerta hanya dihadiri Cawagub Ketut Sudikerta.

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto ditemui usai olahraga bersama menuturkan, kegiatan olahraga bersama ini dilaksanakan dalam upaya membangun kebersamaan, sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri dan pemerintah daerah menjelang pelaksanaan Pilkada, 27 Juni 2018.

Menurutnya, kebersamaan TNI, Polri dan pemerintah daerah merupakan kekuatan yang tidak terkalahkan untuk mewujudkan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “TNI-Polri netral, kita menjaga kenetralan itu dalam pilkada yang sudah di depan mata. Diharapkan juga peran serta dari calon untuk menjaga kondusifitas,” ujar Irjen Golose. Hal serupa juga disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto. Dia berharap soliditas selalu dijaga, karena dengan soliditas bisa bersinergi, dan netralitas tetap menjadi pedoman utama dalam mengawal dan menjamin keamanan pelaksanaan Pilkada sesuai dengan tahapannya.

Dilanjutkan Pangdam, kepada semua pihak dihimbau untuk menjaga ketertiban dengan harapan semua tahapan Pilkada dapat terlaksana dengan aman dan lancar. “Ini yang kita pegang teguh. Netralitas dijunjung tinggi,” harap Mayjen Benny. Sementara Gubernur Made Mangku Pastika menghimbau kepada masyarakat untuk tunggu pelaksanaan tahapan Pilkada dengan hati jernih dan suci. “Tidak ada satu orangpun yang menginginkan pelaksanaan Pilkada ini tidak kondusif. Jadi, kita jaga baik Bali,” tegasnya.

“Kita laksanakan setiap tahapan dengan hati tulus, dan pikiran yang jernih. Bersama kita wujudkan Pilkada yang trepti lan santi. Berjalan sesuai aturan yang ada dan berlangsung damai. Mari kita laksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing dalam mewujudkannya,” imbuhnya. *dar

Komentar