nusabali

Mendoyo Launching Program Inovasi 'Sedesa Panduku'

  • www.nusabali.com-mendoyo-launching-program-inovasi-sedesa-panduku

Pemerintah Kecamatan Mendoyo Jembrana melaunching program inovasi sesa yang dinamakan ‘Semua Desa Punya Program Unggulan ‘Sedesa Panduku’, di Gedung Serbaguna, Desa  Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Jumat (9/2).

NEGARA, NusaBali

Hadir saat launching tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Made Kembang Hartawan, para tenaga ahli dan pendamping desa, serta Perbekel/Lurahurah se Kecamatan Mendoyo.

Camat Mendoyo I Gede Sujana mengatakan masing-masing desa pasti memiliki program inovasi sendiri, disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki. Misalnya, Desa Yehembang Kangin dengan inovasi membuat air kemasan AMARA, Desa Penyaringan dengan program unggulan Posyandu Mantap Jiwa, dan lainnya. Masing masing inovasi desa itu dikemas menjadi program inovasi ‘Sedesa Panduku’. “Inovasi yang digali di desa tersebut sudah dianggarkan melalui Dana Desa. Sehingga menjadi kewajiban kami di kecamatan untuk mendampingi dalam merealisasikannya,” katanya.

Selain ‘Sedesa Paduku’ itu, pihaknya menggarapkan pada tahun 2019 nanti, setiap desa se Kecamatan Mendoyo juga dapat mengelola sampah di tingkat desa masing-masing. melalui pengelolaan langsung di desa itu. Maka sampah-sampah tidak harus lagi dikirim sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Peh, di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, yang diketahui sudah menumpuk. “Kalau diselesaikan di desa, jadi tidak lagi membenani TPA,” ujarnya.

Wabup Kembang Hartawam mengatakan program inovasi desa ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraaan masyarakat desa. Khususnya, melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan program rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas secara lebih kreatif. “Harapan kita, ini dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia,” ujar Wabup Kembang.

Menurutnya, program inovasi desa bertujuan mendorong semua desa se-Kecamatan Mendoyo agar dapat menggali potensi desanya. Hal ini agar dapat membuat program atau produk unggulan Desa, sebagai ciri khas atau ikon desa. Dia pun berpesan agar generasi muda ikut dilibatkan dalam membuat inovasi-inovasi. Kepada pihak desa agar menggali inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan di desa masing-masing, dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa masing-masing.*ode

Komentar