nusabali

Desa Antapan Dinilai Lomba Desa

  • www.nusabali.com-desa-antapan-dinilai-lomba-desa

Desa Antapan, Kecamatan Baturiti,  Kabupaten Tabanan dinilai dalam Lomba Desa Terpadu tingkat Kabupaten Tabanan, Jumat (9/2).

TABANAN, NusaBali
Penilaian dipusatkan di SD 1 Antapan, Baturiti. Penilaian lomba desa terpadu ini dilaksanakan oleh tim penilai diketuai Nyonya Wirna Ariwangsa dengan anggota dari unsur OPD  erkait.  Turut hadir Camat Baturiti I Ketut Ridia serta Forum koordinasi  Kecamatan. Kepala BPMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa)

Tabanan, Roemi Liestyowati menyampaikan lomba ini bertujuan mendorong peningkatan partisipasi dan gotong royong masyarakat dalam mewujudkan desa yang mandiri, dengan landasan peraturan menteri dan perundang-undangan. Lomba ini juga dipadukan dengan lomba pelaksana terbaik KKG PKK, BBGRM dan BKP mengarah pada program pokok PKK yang meliputi 9 jenis lomba. 

Kata dia, kegiatan ini setiap tahunnya menjadi semakin bermakna dan berakses langsung terhadap pencapaian kesejahteraan keluarga. Karena setiap keluarga merupakan tumpuan utama bergulirnya roda pembangunan, tidak terkecuali pembangunan di Kabupaten Tabanan. "Saya ucapkan selamat berlomba kepada peserta dan selamat datang kepada tim penilai. Ingatlah juara bukan tujuan utama tetapi yang terpenting adalah sebagai akreditasi terhadap kelayakan dan kepatuhan setiap desa dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sehingga mempercepat terwujudnya Tabanan serasi," imbuhnya.

Perbekel Desa Antapan Nyoman Sunarta melaporkan Desa Antapan memiliki luas wilayah 10.43 Km2 , dengan batas-batas sebelah utara Desa Candikuning, timur Desa Sulangai, selatan Desa Mekarsar dan barat Desa Batunya. “Desa Antapan berpenduduk 3.158 orang dengan rincian 1.630 laki-laki, perempuan 1.528 perempuan dan total 966 kepala keluarga,” ujarnya.

Pihaknya telah melaksanakan pembinaan administrasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pengurus desa maupun  terhadap pokja I,II,III, dan IV termasuk Dasa Wisma. Penilaian lomba desa terpadu ini diawali Jumat kemarin dan berakhir Selasa (27/2). Sasaran penilaian perlombaan desa, lomba PKK dan Lomba BKB adalah data tingkat perkembangan desa dari 10 Desa peserta lomba yang dilihat dari profil desa laporan PKK dan laporan BKB dengan membandingkan data dua tahun terakhir sesuai dengan indikator dan pedoman penilaian yang telah ditetapkan. *d

Komentar