nusabali

Desa Pakraman Selat Lima Kali Tutup Jalur Galian C

  • www.nusabali.com-desa-pakraman-selat-lima-kali-tutup-jalur-galian-c

Desa Pakraman Selat, Kecamatan Selat, Karangasem, agendakan lima kali menutup jalur galian C yang melintasi wilayah itu pada bulan Februari 2018.

AMLAPURA, NusaBali

Penutupan jalur galian C ini terkait pelaksanaan karya Tabuh Gentuh lan Pamijilan Ida Bhatara Sakti Ngerta Jagat yang digelar 10 tahun sekali. Bendesa Adat Selat telah bersurat ke Polsek Selat dan Desa Sebudi terkait penutupan jalur galian C itu.

Bendesa Adat Selat yang juga Pangrajeg Karya Tabuh Gentuh lan Pamijilan Ida Bhatara Sakti Ngerta Jagat, Jro Mangku Gede Mustika mengatakan, penutupan jalur galian C karena sebagian besar pelaksanaan karya berlangsung di jalan raya. “Kami mohon untuk sementara tidak melintasi jalur itu untuk kepentingan memuat material galian C,” jelas Jro Mangku Gede Mustika didampingi Humas Panitia I Wayan Suarta di Banjar Selat Kelod, Rabu (7/2).

Jro Mangku Gede Mustika mensyukuri tahapan karya yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali tersebut berjalan sesuai harapan. Sebelumnya ada keputusan batalkan karya karena status awas Gunung Agung disertai beberapa kali erupsi dengan menyemburkan abu. Jelang karya, pangayah lanang dan istri mulai sibuk ngayah. Berikut jadwal penutupan jalur galian C saat puncak Usaba Dimel di Pura Dalem pada Redite Wage Wayang, Minggu (18/2), mlasti ke Segara Buitan, Desa/Kecamatan Manggis pada Buda Paing Wayang, Rabu (21/2).

Selanjutnya mendak banten catur pada Saniscara Kliwon Wayang, Sabtu (24/2), Nyepi adat pada Redite Umanis Kelawu, Minggu (25/2) dan Saniscara Paing Kelawu, Senin (26/2). Berikutnya saat puncak Karya Pamijilan Ida Bhatara Sakti pada Sukra Kliwon Watugunung, Jumat (16 Maret 2018) dan Ida Bhatara masineb pada Sukra Paing Gumbreg, Jumat (27 April 2018). *k16

Komentar