nusabali

Musrenbang RKPD Tahun 2019 Kecamatan Mengwi

  • www.nusabali.com-musrenbang-rkpd-tahun-2019-kecamatan-mengwi

Kecamatan Mengwi menggelar Musrenbang di Kantor Camat Mengwi, Rabu (7/2).

Wabup Suiasa : Tingkatkan Investasi dan Daya Saing


MANGUPURA, NusaBali
Musrenbang Kecamatan Mengwi dibuka Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, dihadiri Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa serta Perbekel/Lurah, BPD, Ketua Forum Pekaseh, Ketua Listibiya Kecamatan Mengwi, Ketua Karang Taruna, dan Kepala Puskesmas.

Musrenbang Mengwi mengangkat tema peningkatan investasi dan kualitas SDM serta pemantapan infrastruktur untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Camat Mengwi I Gusti Ngurah Jaya Saputra melaporkan, Musrenbang RKPD menggunakan sistem informasi perencanaan pembangunan daerah (E-Musrenbang) yang menghasilkan data yang mudah dan cepat. Musrenbang bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan di desa/kelurahan yang akan menjadi priotitas pembangunan di Kecamatan Mengwi. Agenda prioritas kegiatan di tahun 2019 adalah, kelompok ekonomi dan sumber daya alam jumlah usulan 19 dengan biaya Rp 103,7 miliar. Kelompok sarana dan prasarana wilayah jumlah usulan 343 dengan biaya Rp 3,443 triliun. Kelompok sosial budaya jumlah usulan 32 dengan biaya Rp 9,8 miliar. Kelompok pengembangan sumber daya manusia jumlah usulan 181 dengan biaya Rp 83,2 miliar. Sehingga keseluruhan ada 575 usulan dengan total biaya Rp 3,6 triliun lebih.

Wira Dharmajaya mengatakan penyelenggaraan Musrenbang RKPD 2019 merupakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan tahunan daerah yang diamanatkan oleh Peraturan Mendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. “Melalui Musrenbang RKPD Kabupaten Badung di kecamatan ini kami membuka ruang komunikasi antar-stakeholder pembangunan dalam rangka menyusun RKPD Kabupaten Badung tahun 2019 dengan tujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan di desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan,” jelasnya.

Wabup Suiasa menyampaikan tema yang dicanangkan di tahun 2019 yaitu peningkatan investasi dan kualitas SDM serta pemantapan infrastruktur dalam rangka lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat berkualitas. Dari tema tersebut, ada tiga substansi pokok yang perlu dilakukan yaitu pertama, peningkatan investasi, kedua peningkatan sumber daya manusia, dan ketiga, pemantapan infrastruktur, muaranya petumbuhan ekonomi berkualitas. Untuk dapat melaksanakan tema tersebut, desa/kelurahan mampu melakukan inovasi dengan mengembangkan potensi wilayah yang dimiliki. Dengan inovasi ini diharapkan akan mampu mendongkrak pendapatan desa.

“Pengembangan investasi ini juga diharapkan dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran,” harap Wabup Suiasa. *asa

Komentar