nusabali

Bupati Karangasem Tandatangani Kerjasama dengan UNY

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-tandatangani-kerjasama-dengan-uny

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Rektor Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Prof Dr Sutrisna Wibawa kembali tandatangani naskah kerjasama yang dituangkan dalam MoU (memorandum of understanding) di aula kampus UNY, Senin (5/2).

AMLAPURA, NusaBali

Kerjasama itu merupakan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Tercatat 19 mahasiswa dari Karangasem kuliah di UNY sejak melakukan kerjasama. Mahasiswa tersebut kuliah atas biaya Pemkab Karangasem.

Pemkab Karangasem menyediakan biaya untuk 9 mahasiswa asal Karangasem. Mahasiswa yang diterima di UNY mesti melalui tes, hanya 9 lulusan terbaik dibiayai Pemkab Karangasem dengan alokasi anggaran Rp 20 juta per mahasiswa per tahun. Selama ini kebanyakan mahasiswa dari Karangasem mengambil Fakultas Teknik. Pemkab Karangasem memang membutuhkan tenaga teknik untuk memperkuat tenaga teknis di bidang perencanaan dan pengawasan pembangunan fisik seperti Bina Marga, Pengairan, dan Cipta Karya. “Dengan kerjasama ini kami berharap sumber daya manusia di Karangasem meningkat, secara tidak langsung mampu mengurangi kemiskinan,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, IPM (indeks pembangunan manusia) Karangasem terendah di Bali. Untuk mengejar ketertinggalan itulah salah satu prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Sebab, masa depan bangsa dan segala sendi kehidupan bertumpu pada pendidikan. Sementara Rektor UNY, Prof Sutrisna Wibawa, menyambut baik tawaran kerjasama yang terus berkelanjutan dari Pemkab Karangasem. UNY juga menawarkan program kewirausahaan, begitu tamat siap kerja. Program itu melalui Akademi Komunitas. “Hanya saja, selama ini mahasiswa dari Bali khususnya Karangasem lebih banyak mengambil Fakultas Teknik,” kata prof Sutrisna Wibawa. *k16

Komentar