nusabali

Megawati Briefing 1.000 Kader PDIP Bali

  • www.nusabali.com-megawati-briefing-1000-kader-pdip-bali

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memimpin langsung Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDIP Bali yang digelar di Inna The Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar Selatan, Minggu (4/2).

Tiga Paket Calon Juga Dilibatkan


DENPASAR, NusaBali
Megawati briefing 1.000 kader Banteng, termasuk tiga pasangan calon yang diusung PDIP untuk Pilgub Bali 2018, Pilkada Gianyar 2018, dan Pilkada Klungkung 2018. Dalam Rakerdasus yang sekaligus perayaan HUT ke-45 PDIP di Sanur, Minggu kemarin, menghadirkan pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias KBS-Ace (Cagub-Cawagub Bali yang diusung PDIP bersama Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP), Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun alias Paket Aman (Cabup-Cawabup Gianyar yang diusung PDIP-Hanura), dan Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia alias Paket Bagia (Cabup-Cawabup Klungkung yang diusung PDIP-Hanura-PKPI).

Ketiga pasangan calon untuk Pilkada serentak, 27 Juni 2018 ini, duduk di podium bersama Megawati, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristyanto, dan Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali, Nyoman Giri Prasta. Sedangkan jajaran kader Banteng yang hadir untuk debriefing, meliputi jajaran Fraksi PDIP semua level, para Ketua DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali, para ketua PAC PDIP Kecamatan se-Bali, hingga para Ketua Ranting PDIP tingkat desa se-Bali.

Megawati sendiri tiba di lokasi acara Rakerdasus PDIP di Agung Room Inna The Grand Bali Beach Hotel, Minggu siang pukul 11.30 Wita. Ikut hadir mendampingi Megawati, antara lain, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristyanto, Ketua DPP PDIP Made Urip, tokoh PDIP dari Puri Satria Denpasar yang Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga, hingga Sekretaris Deperda PDIP Bali yang kini Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryas-tuti.

Briefing Megawati kepada 1.000 kader PDIP kemarin dilaksanakan secara tertutup dari media. Namun demikian, suara Megawati dalam pidatonya cukup menggelegar dan bisa didengar secara jelas. Intinya, Megawati meminta semua kader PDIP menangkan KBS-Ace di Pilgub Bali 2018, Paket Aman di Pilkada Gianyar 2018, dan Paket Bagia di Pilkada Klungkung 2018.

Mega meminta semangat gotong-royong dan soliditas kader untuk menangkan Pilkada, jangan pernah surut. “Bali harus solid, Ibu merasa bahagia kalau kalian bisa realisasikan kemenangan,” ujar Mega yang juga Presiden ke-5 RI (periode 2001-2004).

Mega juga minta kader PDIP yang sudah duduk sebagai kepala daerah dan telah diberikan posisi oleh partai, jangan menjadi kutu loncat. Dia menontohkan Bupati Trenggalek, Emil Elistianto Dardak, yang dipecat karena berbeda haluan di Pilgub Jatim 2018. “Dia (Bupati Trenggalek) memang merakyat, tapi yang memberikan rekomendasi dan bekerja itu siapa? Kalian jangan tiru yang begitu,” warning Mega.

Ketua Umum DPP PDIP ini memetakan dari 171 Pilkada serentak 2018, ada 17 daerah yang menggelar Pilgub. Kalau partai solid, seharusnya ada 10 provinsi di Indonesia yang bisa dikuasai total, termasuk Bali. Namun, Mega menyayangkan ada juga kabupaten/kota di mana PDIP tidak memiliki kursi legislatif yang cukup untuk mengusung paket calon. “Dari 156 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2018, kita bisa mengusung calon di 151 daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali, Nyoman Giri Prasta, dalam Rakerdasus PDIP Bali kemarin melaporkan timnya telah bekerja di 57 kecamatan dengan menyasar 511 desa se-Bali. Disebutkan, semangat kader PDIP di Bali saat ini dalam kondisi sangat solid.

“Jadi, 511 desa sudah klir. Kader partai dari Anak Ranting (banjar), Ranting (desa), PAC (kecamatan), DPC (kabupaten/kota), DPD (provinsi), hingga anggota Fraksi PDIP di semua level telah bekerja maksimal. Kita terkonsolidasi dan all out menangkan Pilkada serentak, 27 Juni 2018,” ujar Giri Prasta yang juga Bupati Badung.

Sedangkan Ketua DPD PDI Bali Wayan Koster alias KBS (Koster Bali Satu), yang telah lebih dulu menyapa dan menyampaikan sekapur sirihnya di hadapan kader sembari menunggu kedatangan Megawati, mengatakan tidak semua kader bisa hadir dan bertatap muka dengan Ketua Umum DPP PDIP. Namun, semua Ranting, Ketua PAC PDIP, Ketua DPC PDIP, dan jajaran Fraksi PDIP semua level diundang.

“Mereka diundang, karena Ranting, PAC, dan DPC PDIP yang selama ini terdepan bergerak di akar rumput. Partai saat ini terkonsolidasi dan sangat solid, satu jalur untuk menangkan KBS-Ace di Pilgub Bali, serta menangkan Pilkada Gianyar dan Pilkada Klungkung,” ujar KBS.

KBS juga membeber peta kekuatan KBS-Ace di 9 kabupaten/kota se-Bali. Selaku Ketua DPD PDIP Bali, KBS mengatakan optimismenya bisa berbuat maksimal di Pilkada serentak 2018. “Kami (KBS-Ace) sudah deklarasi di kabupaten/kota. Hanya di Karangasem saja tak ada deklarasi, karena adanya bencana Gunung Agung. Namun, ada pola lain menggarap basis suara di Karangasem,” tandas politisi PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang sudah tiga kali periode duduk di Komisi X DPR RI Dapil Bali ini. *nat

Komentar