nusabali

Gitar Lokalan Diminati Pelajar

  • www.nusabali.com-gitar-lokalan-diminati-pelajar

Salah satu produk gitar yang banyak  dipasarkan di Bali, adalah  gitar buatan perajin Solo, Jawa Tengah. 

DENPASAR, NusaBali

Gitar ‘made in’ Solo ini bisa ditemui  dijual di sejumlah tempat.  Di antaranya di jalur utama  Sukawati-Denpasar, yakni kawasan Batubulan, Sukawati Gianyar.  “Gitar Solo banyak dicari para pelajar SMP dan SMA ” ujar  Gusti Ayu Sukraningsih,  salah seorang pemilik toko alat musik di jalur tersebut  Jumat (2/2).  

Kebanyakan pelajar mencari ukulele (gitar mini).  Harganya berkisar Rp 200.000 ke atas sampai dengan jutaan rupiah. Untuk yang di atas  Rp 1 juta biasanya dicari orang dewasa dan pemusik.  “ Harga gitar Solo memang lebih terjangkau,”  ungkapnya.

Musim ramai pembelian, kata Sukraningsih pada  April sampai  Desember. “Satu dua ada saja laku,”  ujar wanita asal Tabanan ini. Lepas  Desember,  bisnis penjualan gitar menurun.

Tak hanya penjualan yang menurun, namun pasokan gitar juga menurun akibat musim hujan. “Katanya proses pengeringan sulit, karena cuaca,” ungkap Sukraningsih sambil melayani pengunjung tokonya.  

Selain warga lokal, beberapa wisatawan kata Sukraningsih, kadang membeli gitar  Solo yang dia jual.  Tentu tak hanya  gitar, perangkat lain seperti snar, stem, harmonika dan pianika  juga disiapkan melengkapi bisnis jual  gitar ‘made in’ Solo ini. *k17

Komentar