nusabali

SMKN 2 Bangli Pinjam Tempat UNBK di SMPN 1 Bangli

  • www.nusabali.com-smkn-2-bangli-pinjam-tempat-unbk-di-smpn-1-bangli

SMKN 2 Bangli untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

BANGLI, NusaBali
Hanya saja pelaksanaannya harus meminjam tempat di sekolah lain. Penyebabnya, SMKN 2 Bangli belum memiliki server serta sumber daya manusia (SDM) masih kurang. Agar pelaksanannya nanti lancar, SMKN 2 Bangli melaksanakan simulasi UNBK di SMPN 1 Bangli, Rabu (31/1).

Ketua Panitia UNBK SMKN 2 Bangli, Komang Adi Kusuma, mengatakan pelaksanaan UNBK tahun ini meminjam tempat di SMPN 1 Bangli. Di SMKN 2 Bangli masih terkendala server dan teknisi. SMKN 2 Bangli baru memilik 85 unit komputer, sedangkan yang akan mengikuti UNBK sebanyak 325 siswa. Adi Kusuma optimis tahun depan SMKN 2 Bangli bisa melaksanakan UNBK secara mandiri, tidak lagi meminjam tempat di sekolah lain. “Tahun ini sekolah kami pertama kali melaksanakan UNBK,” ungkap Adi Kusuma.

SMKN 2 Bangli menggelar simulasi UNBK selama dua hari, Rabu (31/1) serta Kamis (1/2). UNBK diikuti 325 siswa dari empat jurusan. Jurusan Kriya Kayu sebanyak 7 siswa, Akomodasi Perhotelan 155 siswa, Jasa Boga 142 siswa, dan Usaha Perjalanan Wisata 21 siswa. Dalam simulasi ada tiga mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. “Simulasi kami laksanakan dua hari, siswa terbagi dalam tiga sesi,” jelas Adi Kusuma.

Selain persiapan UNBK, SMKN 2 Bangli tengah mempersiapkan uji kompetensi keahlian. Masing-masing jurusan memiliki tahapan yang berbeda. “Terkait uji kompetensi ada kisi-kisi yang dipakai acuan baik untuk ujian teori maupun praktik,” imbuhnya. Sementara Kepala SMPN 1 Bangli I Wayan Widiana Sandhi mengatakan, untuk UNBK tahun ini, SMKN 2 Bangli, Widya Center, dan PKBM Niti Sastra Mandala pinjam tempat di SMPN 1 Bangli. “Ada 105 unit komputer dengan tiga server. Untuk kelancaran UNBK kami sudah menambah daya listrik,” ungkapnya. *e

Komentar