nusabali

Disc Jockey Pun Harus Punya Sertifikat Kompetensi

  • www.nusabali.com-disc-jockey-pun-harus-punya-sertifikat-kompetensi

Menjadi Disc Jockey (DJ) tidak sekedar hanya bisa ‘ngotak-ngatik’ musik di selembar turn table.

Undhira Buka LSP Skema Okupansi DJ


MANGUPURA, NusaBali
Pekerjaan ini juga menuntut kemampuan dan profesionalitas. Apalagi di era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), DJ di tanah air mesti siap mental dan kemampuan dalam adu kualitas dengan negara lainnya. Untuk membuktikan kualitasnya, seorang DJ perlu memiliki sebuah sertifikasi kompetensi.

Mulai tahun 2016, Universitas Dhyana Pura (Undhira) memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah dilisensi oleh BNSP dengan SK No. KEP.0609/BNSP/V/2016. Sampai saat ini, LSP Undhira telah memiliki 11 Skema Sertifikasi Kompetensi, yang salah satunya adalah Skema Okupasi Disc Jockey. Itu berarti, LSP Undhira dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk Disc Jockey. Bahkan, satu-satunya LSP di Indonesia yang memiliki skema sertifikasi kompetensi untuk Disc Jockey.

“Kecenderungan industri saat ini akan menanyakan kompetensi, bukan lagi ijazah. Karena itulah, Undhira membentuk lembaga sertifikasi profesi. Kita coba bangun satu lembaga yang bisa menjembatani bagaimana seorang DJ itu bisa memiliki sertifikat kompetensi, sebagai bekalnya bersaing di era MEA,” ujar Rektor Undhira, Dr dr Made Nyandra SpKJ MRepro FIAS, saat jumpa pers di kampus setempat, Jalan Padang Luwih, Banjar Tegal Jaya, Dalung, Badung, Rabu (31/1).

Mengapa sertifikat kompetensi penting? Sebab dalam MEA 2015 terdapat kesepakatan di antara 11 negara anggota Asean yang disebut Mutual Recognition Agreement (MRA). Salah satu kesepakatan berbunyi Free Flow Ofskiled Labor yang berarti tenaga kerja dari 11 negara Asean dapat bekerja di Negara manapun se-Asean. Persyaratan yang dipakai untuk dapat bekerja adalah Sertifikat Kompetensi itu. “LSP Undhira merupakan lembaga independen yang tidak bisa diintervensi siapapun dan pihak manapun. Dari LSP akan melakukan pengujian terhadap kompetensi DJ, didampingi tenaga ahli dan lebih dari 30 asessor. Jadi, tidak perlu diragukan lagi,” tegas Kepala LSP Undhira, Putu Steven Eka Putra ST Dipl IHM Mpar didampingi Direktur Undhira DJ Academy, Setyo Herisusanto. *ind

loading...

Komentar