nusabali

Peserta Kejar Paket Akan Dapat Beasiswa

  • www.nusabali.com-peserta-kejar-paket-akan-dapat-beasiswa

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem rencanakan semua siswa peserta kejar paket mendapat beasiswa berupa KKC (Kartu Karangasem Cerdas).

AMLAPURA, NusaBali

Saat ini Disdikpora sedang menggelar verifikasi kejar paket A (setara SD), paket (setara SMP), dan paket C (setara SMA/SMK). Penerima beasiswa kejar paket A dirancang Rp 800 ribu per siswa per tahun, kejar paket B Rp 1 juta per siswa per tahun, dan kejar paket C Rp 1,2 juta per siswa per tahun.

Kepala Disdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan beasiswa disediakan untuk memotivasi masyarakat yang putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya di tiga jenjang itu. Tujuannya, agar Karangasem mampu menaikkan IPM (Indek Pembangunan Masyarakat). IPM Karangasem hanya 5,53 atau terendah di Bali. “Tahun 2018, program pembagian KKC kepada seluruh siswa kejar paket agar tuntas, setidaknya pada bulan Maret sudah terealisasi,” ungkap Gusti Kartika, Sabtu (27/1).

Dikatakan, saat ini tengah melakukan verifikasi. Diakini verifikasi  cepat selesai karena jumlah siswa paket A, paket B, dan paket C, hanya ada 15 PKBM. Terutama paket A paling langka siswanya. Gusti Kartika menegaskan, tidak membeda-bedakan pembagian beasiswa untuk siswa. “Semuanya kebagian. Pada umumnya siswa di kejar paket, rata-rata kurang mampu, makanya kami berikan untuk semua siswa. Harapannya semua siswa bisa menamatkan sekolahnya di setiap jenjang,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Non Formal Disdikpora Karagasem, I Ketut Sudana, mengatakan telah menganggarkan beasiswa untuk paket A sebanyak 150 siswa, paket B 400 siswa, dan paket C 600 siswa. “Kami menganggarkan melebihi jumlah siswa, siapa tahu ada siswa pindahan agar kebagian KKC,” ungkapnya. Sementara Pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Ganesa Desa/Kecamatan Bebandem Karangasem, I Wayan Supardi, mengakui telah ada sosialisasi rencana memberikan beasiswa untuk semua siswa kejar paket. “Kami memiliki 102 siswa, telah diberitahukan Disdikpora Karangasem untuk dapat beasiswa,” kata Supardi. *k16

Komentar