nusabali

Perajin Kerang Masih Lesu

  • www.nusabali.com-perajin-kerang-masih-lesu

Kondisi pariwisata Bali belum sepenuhnya pulih. Keadaan itu dirasakan kalangan perajin souvernir.

DENPASAR, NusaBali
Di antaranya perajin souvernir dari rangkaian limbah kerang di Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan. “Sekarang masih sepi,” ujar Komang Sulasih dari Kelompok Perajin King Saguna Jaya Kelurahan Serangan, Jumat (26/1).

“Biasanya kami pameran di Nusa Dua,” ujar Sulasih. Namun karena wisatawan masih belum pulih, ditambah belakangan sering hujan, untuk sementara pihaknya istirahat pameran atau tepatnya berjualan. “Di sana ada tempat khusus untuk memajang barang,” lanjut Sulasih.

Namun sejak aktivitas vulkanik Gunung Agung, September 2017, suaminya untuk sementara tidak jualan. Alasannya karena wisatawan masih sepi. Sedang dalam kondisi normal, setidak-tidaknya Rp 100.000 per hari, dapat diperoleh dari penjualan souvernir limbah kerang. “Ya sekarang harus berusaha lain untuk menutupi kebutuhan rumah tangga,” ungkap Sulasih.

Kondisi relatif sepi wisatawan masih terasa di Serangan. Penjualan souvenir dari limbah kerang di art shop milik Sulasih di Serangan juga masih minim. Pihaknya berharap agar kondisi pariwisata kembali normal seperti sebelumnya. *k17

Komentar