nusabali

Bupati-Walikota Terpilih Dilantik 15 Februari

  • www.nusabali.com-bupati-walikota-terpilih-dilantik-15-februari

Setelah pelantikan dilakukan maka kepala daerah pemenang Pilkada akan dikumpulkan oleh Presiden Jokowi.

JAKARTA, NusaBali
Kepala daerah yang terpilih di Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu akan segera dilantik. Mendagri, Tjahjo Kumolo telah menyusun jadwal pelantikan kepala daerah terpilih tersebut. Untuk Bupati dan Walikota terpilih direncanakan akan dilantik pada 15 Februari mendatang.

"Tanggal 11-12 Februari pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pilkada serentak oleh Presiden (kecuali Provinsi Kalimantan Tengah) di Istana Negara," kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Selasa (2/2). Pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih disusun berikutnya. Bagi yang tidak ada kendala sengketa Pilkada, akan dilakukan di bulan yang sama.

"Rencana tanggal 15 Februari 2016 pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih (yang tidak ada gugatan dan belum ada keputusan sengketa oleh MK)," kata Mendagri. Setelah pelantikan dilakukan maka kepala daerah pemenang Pilkada akan dikumpulkan oleh Presiden.

"Dilanjutkan diagendakan jadwal acara pengarahan oleh Bapak Presiden pada bulan Februari 2016," kata Tjahjo dilansir detik.com. Khusus jadwal pelantikan gubernur terpilih, Mendagri Tjahjo Kumolo sudah melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait agenda pelantikannya. Para Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih akan dilantik di Istana Negara oleh Presiden Jokowi.

Terpisah Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung menambahkan untuk Bupati dan Walikota terpilih akan dilantik di provinsi. "Untuk pelantikan Bupati/Walikota mekanismenya memang sudah diatur. Mereka dilantik di ibukota provinsi tetapi semangat dari Pilkada serentak adalah membuat supaya ada kebersamaan dan tidak berkepanjangan," jelasnya.

"Dengan demikian apakah nanti setelah mereka dilantik di provinsi kemudian presiden mengundang untuk katakanlah membangun sebuah sinergi baru antara pemerintah pusat dan daerah bagi kepala daerah yang baru agar mereka memahami visi yang menjadi prioritas utama pemerintah. Karena banyak kepala daerah yang baru," imbuh Pram. 7


Agar Pembangunan Daerah Tak Terhambat
JAKARTA, NusaBali
Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarulzaman meminta kepala daerah terpilih di Pilkada serentak segera dilantik. Agar pembangunan di daerah tidak terhambat karena kepemimpinan diisi oleh pelaksana tugas. Memang sudah ada kesepakatan antara Kemendagri dengan DPR pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2015 akan dilakukan akhir Februari atau awal Maret 2016. Rambe berharap semua dilakukan sesuai rencana.

"Supaya tidak terlalu lama menunggu, kan capek juga menunggu. Sekaligus jalan pembangunan kita di daerah, jangan kelamaan," kata Rambe, Selasa (2/2) dilansir detik.com. Yang belum disepakati adalah lokasi pelantikan dan siapa yang bakal melantik kepala daerah terpilih tersebut. "Belum tahu persis. Kalau Presiden melantik bupati dan wali kota kan agak repot, harusnya kan gubernur atau wakil gubernur," paparnya. 7


TIGA JADWAL KEPALA DAERAH
* Pertama, bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hasil Pilkadanya tak berperkara di MK, akan dilantik bulan Februari ini. Gubernur dan Wakil gubernur terpilih dilantik Presiden 11-12 Februari, bupati dan walikota terpilih dilantik 15 Februari. Ada 7 gubernur, bupati/wali kota ada 200-an. 

* Kedua, Pilkada yang sedang jalani sengketa di MK dilantik bulan Maret sebagaimana PKPU untuk tahap keduanya.

* Ketiga, untuk tahap ketiga pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memenangkan Pilkada, digelar bulan Juni 2016. Hal ini menyesuaikan akhir masa jabatan kepala daerah sebelumnya. Pada bulan Juni masih ada 20-an yang memang masa jabatannya baru habis bulan Juni.

Komentar