nusabali

Dawan Berpotensi Besar Tingkatkan PAD

  • www.nusabali.com-dawan-berpotensi-besar-tingkatkan-pad

Pemkab Klungkung kembali menggelar temu wirasa III di Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (23/1) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Acara ini dipusatkan di Banjar Ulunsui, Desa Sampalan Klod, Kecamatan Dawan.  Temua wirasa dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung, Ketut Suayadnya, seluruh kepala OPD di lingkup Pemkab Klungkung, perbekel dan bendesa se-Kecamatan Dawan, serta tokoh masyarakat.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Ketut Suayadnya menjelaskan temu wirasa merupakan program rutin setiap tahun pada seluruh kecamatan di Klungkung. Tujuannya, menyerap aspirasi masyarakat serta menerima saran maupun kritikan dari masyarakat dalam program atau kegiatan pembangungan di Klungkung.

Bupati Suwirta memaparkan program Pemkab Klungkung dengan pelbagai inovasi, serta capaian selama empat tahun kepemimpinnya bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Bupati Suwirta mengatakan di Kecamatan Dawan ada banyak potensi yang mempu meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Klungkung. Di antarnya, di Pantai Belatung akan dijadikan rest area terintegritas dengan pembuatan garam tradisional. Sehingga mampu mendongkrak pariwisata serta para petani garam tradisional tetap eksis dalam membuat garam. Untuk mendukung sektor pariwisata di Kecamatan Dawan akan digelar Festival Goa Lawah untuk menarik wisatawan datang ke Klungkung khususnya Pura Goa lawah. Pura ini menjadi tujuan wisata favorit di Kabupaten Klungkung.

Selain itu, lanjut Bupat Suwirta, PAD juga bisa didapat dari program Pelabuhan Segitiga Emas dan potensi Galian C yang akan digarap. Karena Galian C merupakan potensi yang luar biasa karena merupakan kawasan strategis pariwisata. “Ke depan Klungkung harus mengambil langkah-langkah ekspansi agar PAD Klungkung meningkat,” ujarnya.

Dalam sesi penyampaian aspirasi, masyarakat sangat mengapresiasi program-program yang sudah dibuat Pemkab Klungkung, di antaranya program bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi serta inovasi sangat dirasakan oleh masyarakat.*wan

Komentar