nusabali

Bunut Tumbang, Lalin Jalur Tengkorak Macet

  • www.nusabali.com-bunut-tumbang-lalin-jalur-tengkorak-macet

Sebatang pohon bunut tumbang di jalur Denpasar – Gilimanuk, tepatnya di Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Minggu (21/1).

TABANAN, NusaBali

Meskipun tidak ada korban jiwa, jalur jalan sempat macet sekitar 30 menit. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika, menjelaskan pohon bunut berdiameter 15 centimeter tumbang sekitar pukul 09.00 Wita. Pihaknya mendapatkan laporan dari petugas kepolisian untuk melakukan evakuasi. “Tujuh orang anggota kami turun ke lapangan,” ujarnya.

Dikatakannya, pohon tumbang di bagian dahan karena sebelumnya Tabanan diguyur hujan deras. Meskipun diameternya kecil namun jika menimpa pengendara berakibat fatal, sebab pohon tersebut sangat tinggi, mencapai sekitar 10 meter. “Jika patahan dahan ini mengenai orang, fatal sekali karena jatuh dari ketinggian sekitar 10 meter,” jelasnya.

Sebelum lakukan evakuasi, pihaknya menghaturkan canang terlebih dahulu. Karena menurut warga konon areal pohon tersebut angker. Termasuk untuk memotong dahan yang masih nyangkut, petugas BPBD terpaksa berdiri di atas truk kontainer, sebab alat pemotong lambat datang.

“Terpaksa kami potong dengan bantuan truk agar pekerjaan selesai. Sekitar 30 menit kami lakukan evakuasi dibantu warga, kepolisian, dan TNI,” tandas Trisna. *d

Komentar