nusabali

Penidago.com Hadirkan Kemudahan Berwisata ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-penidagocom-hadirkan-kemudahan-berwisata-ke-nusa-penida

Siapa yang tidak tahu Bali, sebagai salah satu maskot pariwisata Indonesia, dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara semakin meningkat. 

Hal ini mengakibatkan perkembangan akomodasi wisata di Bali berkembang pesat. Hotel, restaurant, travel, cafe, dan sarana lain untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke bali untuk menikmati alam dan budaya yang tersohor itu. Selama beberapa dekade, pariwisata bali masih tepusat di bagian Bali selatan seperti Kuta, Nusa Dua, Tanah Lot, Ubud, dan beberapa tempat di Bali tengah. Seiring semakin majunya kemampuan tekhnologi yang berimbas kepada informasi yang tidak terbatas, wisatawanpun berlomba mencari alternatif liburan baru, ditambah trend swafoto dan travel bloger via media sosial.


Bali belum kehabisan destinasi wisata untuk dijelajahi. Wisatawan pun melirik Nusa Penida di bagian tenggara Bali, terdiri dari 3 pulau dalam satu kecamatan yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida. Nusa Lembongan lebih dulu mencuri perhatian wisatawan. Pulau yang bisa dikelilingi hanya dengan beberapa jam menggunakan sepeda motor ini memiliki laut yang jernis, pasir bersih, dan biota laut yang indah, dan dalam sekejap pariwisata pun memberi berkah kepada warga di Nusa Lembongan yang sebelumnya hanya bergantung pada rumput laut dan nelayan. Melihat potensi besar tersebut, Pemerintah Kabupaten Klungkung kemudian merancangkan pariwisata berkelanjutan di Nusa Penida dan aktif menggencarkan promosi pariwisata. Tiga tahun belakangan ini Nusa Penida menjadi pilihan wisata untuk yang lebih “nge-adventure” dengan panorama tebing-tebing dan pantai tanpa penghuni yang semakin membuat wisatawan penasaran. Sayangnya tidak seperti Nusa Lembongan, pembangun akomodasi di Nusa Penida memiliki tantangan bagi pemerintah kabupaten yang lebih besar seperti infrastruktur jalan berbukit, sumber tenaga air dan listrik, sumber daya manusia, dan transportasi yang memadai.

Untuk mencapai Nusa Penida wisatawan harus menyeberang laut dengan menggunakan Speedboat dari pelabuhan yaitu Sanur atau Kusamba dan juga menggunakan Kapal Ferry dari pelabuhan Padangbai. Kunjungan wisatawan yang meningkat drastis membuat transportasi menuju Nusa Penida mengalami beberapa kendala, seperti jadwal keberangkatan speedboat yang terbatas, jumlah armada, terlebih ketika hari raya Hindu, masyarakat lokal yang bersekolah/bekerja Denpasar-NusaPenida juga ikut menambah hiruk pikuk penyebrangan, dan tidak kalah penting banyak warga Hindu dengan tujuan bertirta yatra ke beberapa Pura yang ada di Nusa Penida mengalami masalah serupa.


Untuk bisa menyebrang ke Nusa penida, perusahaan penyedia armada boat hanya menerima pemesanan via Telepon/Email dan melalui Office tiket, namun cancel booking dan ketidakpastian kedatangan si pemesan sering menghambat pihak speedboat dan penumpang lain yang membeli tiket langsung dipelabuhan.

Tidak jarang antrian yang melonjak pada hari raya keagamaan dan maraknya wisatawan yang berkunjung ke nusa penida membuat para calo mengambil kesempatan untuk menawarkan tiket dengan harga tinggi dari tarif perusahaan armada sejak memasuki wilayah pelabuhan.

Penidago.com melihat kemajuan industri pariwisata harus didukung dengan tekhnologi informasi yang memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya dan meminimalisir berbagai masalah. Penidago.com berinisiatif melakukan inovasi memfasilitasi informasi berwisata dengan mudah, aman dan efisien melalui satu media online. Kondisi perkembangan transportasi laut ke Nusa Penida sebagai transportasi utama yang masih stagnan tentu berpengaruh bagi perkembangan pariwisatanya. Dengan adanya informasi berbasis online ini  harapannya akan membantu wisatawan melakukan perencanaan Long-stay agar tidak over budget dengan dukungan informasi dan harga yang jelas untuk kesan yang positif bagi pariwisata Nusa Penida.

Penidago.com merupakan salah satu  OTA (Online Travel Agent) yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian secara online tiket speedboat ke nusa penida. Penidago.com memungkinkan calon penumpang untuk mencari informasi tiket secara transparant, melakukan pemesanan, pembelian, sekaligus melakukan pembayaran secara online yang aman melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran.

Cara pemesanan tiket melalui Penidago.com dengan mengisi kolom pencarian, dimana pada tanggal keberangkatan, wisatawan hanya dapat booking tiket minimal 1 hari sebelum hari keberangkatan. Setelah menekan tombol “cari boat” maka system akan otomatis melacak ketersediaan seat yang tersedia pada setiap speedboat. Selesai memilih speedboat yang diinginkan kemudian selanjutnya mengisi formulir identitas penumpang dan melakukan pembayaran dengan berbagi macam metode seperti : Pembayaran Kartu Kredit, dan Transfer Seluruh Bank. Pada saat pembayaran, sistem menyediakan Batas waktu pembayaran dan menjamin setiap transaksi Aman. Terakhir, Sistem akan otomatisasi mengirimkan E-tiket/E-voucher jika pembayaran Berhasil/Sukses. 

Harga yang ditawarkan Penidago.com relative sama dengan harga yang ditawarkan pihak perusahaan Speedboat dimana harga tersebut termasuk biaya pajak, bagasi, dan asuransi. Ada dua kategori harga yaitu untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing. Semua harga yang tertera pada sistem merupakan harga yang diatur oleh pihak perusahaan speedboat dan tidak ada harga tersembunyi lainnya. Jadi hal ini mengurangi calo untuk bermain harga dan adanya transparansi harga dari setiap speedboat.

Komentar